Tiket Kereta Lokal Kini Bisa Dibeli Lewat KAI Access

Kompas.com - 28/02/2019, 21:36 WIB
Fitur baru di KAI Access PT KAIFitur baru di KAI Access

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia membuka akses pemesanan tiket untuk semua kereta api lokal jurusan manapun melalui aplikasi KAI Access. Pembelian bisa dilakukan lewat aplikasi tersebut mulai Jumat (1/3/2019). Pembayaran bisa dilakukan menggunakan LinkAja yang merupakan aplikasi pembayaran digital hasil sinergi BUMN.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, selama ini pihaknya melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap kereta api lokal. Sebelumnya, penumpang harus mengantre panjang hanya untuk membeli tiket KA Lokal.

"Kini, calon penumpang semakin mudah untuk memesan tiket KA lokal hanya dengan melalui smartphone mereka di mana saja dan kapan saja,” kata Edi dalam siaran pers, Kamis (28/2/2019).

Baca juga: Setelah Garuda, Sriwijaya Air Juga Turunkan Harga Tiket 40 Persen

Untuk mendapatkan layanan ini, pengguna  harus melakukan update aplikasi KAI Accessnya terlebih dahulu menjadi versi terbaru.

Pembelian tiket KA Lokal dilakukan pada menu Local Train di aplikasi KAI Access. Adapun untuk  periode pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini tetap mengikuti aturan yang berlaku sesuai masing-masing KA, yaitu ada KA yang bisa dipesan H-7 sebelum keberangkatan dan ada pula yang hanya bisa dipesan pada Hari H atau Go Show.

Adapun kereta api yang bisa dipesan H-30 adalah kereta Pandanwangi rute Jember-Banyuwangi. Sementara kereta yang bisa dipesan H-7 antara lain kereta Jatiluhur rute Cikampek-Tanjungpriok, kereta Kedung Sepur rute Semarang Poncol-Ngrombo, kereta Jenggala dengan rute Sidoarjo-Mojokerto, hingga kereta Solo Ekspres rute Solo Balapan-Kutoarjo.

Sementara kereta lokal yang bisa dipesan di hari H antara lain Lokal Merak rute Rangkasbitung-Merak, kereta Siliwangi rute Cianjur Sukabumi, hingga kereta Komuter rute Surabaya Pasarturi-Lamongan.

Perlu diketahui, bahwa pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access ini hanya berlaku satu identitas penumpang untuk satu relasi/rute KA pada hari yang sama. Begitu sampai di stasiun, penumpang yang membeli tiket KA Lokal di KAI Access cukup menunjukkan Kartu Identitas asli sesuai nama pada tiket serta E-Boarding Pass saat melakukan boarding untuk naik KA.

Tiket KA Lokal yang dibeli di KAI Access hanya dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya melalui loket stasiun.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X