Kompas.com - 01/03/2019, 08:47 WIB
Kartu Jenius dari BTPN. Jenius.comKartu Jenius dari BTPN.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi dompet dan kartu kredit digital Jenius diketahui mengalami gangguan sejak Kamis (28/2/2019) malam. Gangguan tersebut dialami pengguna yang akan melakukan isi ulang saldo alias top up ke akun Jenius mereka.

Akibat gangguan tersebut, keluhan pengguna pun membanjiri akun Twitter @JeniusConect. Mereka menanyakan gangguan yang terjadi tersebut dan penyelesaiannnya.

Salah satu pengguna Jenius, Medi (31), mengaku mengalami permasalahan pada Kamis malam. Kala itu ia ingin melakukan top up saldo kartu debit Jenius untuk membayar tagihan layanan televisi berlangganan Netflix.

"Awalnya saya mau bayar Netflix. Terus saya mau top up di kartu digital debit saya tidak bisa sampai berkali-kali," kata Medi ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (1/3/2019).

Baca juga: Nasabah Jenius BTPN Kini Bisa Cairkan Pinjaman Setiap Saat

Kemudian, ia berinisiatif untuk mencoba keluar dari akun alias log out, kemudian kembali masuk atau log in. Akan tetapi, top up masih juga belum bisa dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya close application masih enggak bisa juga. Sampai setengah jam kemudian akhirnya baru bisa," jelas Medi.

Di Twitter, keluhan ramai disuarakan pengguna sejak Kamis malam hingga Jumat pagi. Pengguna bernama @devitamub menulis, "@JeniusConnect min saya transfer ke temen saya 100rb tapi kok di history in & out udah masuk tp saldonya ga bertambah tuh min. Gimana?"

Baca juga: Terus Meningkat, Nasabah Jenius BTPN Tembus 900.000

Kemudian, pengguna lainnya bernama @fuenran mengatakan, "hello there jenius, i tried to save some money to flexi saver and they did give me money successfully added but turns out it stays in my active money acc. what should i do? thank you"

Pengguna lainnya bernama @daniel_nimafa mengungkapkan, "@JeniusConnect Saya refund dari e card ke m card, status berhasil, tapi saldo tidak berubah, kenapa ya?"

Baca juga: BTPN akan Kembangkan Layanan Jenius agar Bisa Layani Berbagai Transaksi

Ada lagi pengguna Jenius bernama Andrayogi yang mengatakan telah melakukan pengisian ulang saldo ke akun Jenius miliknya. Namun, ternyata saldonya tidak bertambah.

"@JeniusConnect halo, saya baru saja top up ke dari BCA ke akun Jenius saya dan berhasil bertambah saldo Jenius saya, tapi ga bisa topup ke e-Card, lalu saya restart aplikasinya di hp saya..setelah login kok tiba2 saldo saya jadi sama sebelum saya topup?" kata Andrayogi.

Hingga berita ini ditayangkan, Kompas.com masih mencoba menghubungi pihak Jenius dan BTPN.

Baca update: Soal Transaksi Error Jenius, Ini Penjelasan BTPN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.