Sukuk Ritel SR-011 Tawarkan Imbal Hasil 8,05 Persen, Berminat?

Kompas.com - 01/03/2019, 12:08 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi membuka penawaran Sukuk Ritel seri SR-011 kepada investor individu yang merupakan warga negara Indonesia.

SR-011 akan melanjutkan kesuksesan SR-010 yang meraih hasil penjualan sebesar Rp 8,44 triliun dengan jumlah investor tercatat sebanyak 17.922 orang. Adapun masa penawaran SR-011 berlangsung mulai tanggal 1-21 Maret 2019. 

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman mengatakan, sukuk ritel diterbitkan untuk memenuhi pembiayaan APBN.

"Belanja kita besar sehingga butuh pembiayaan. Saat ini belanja kita lebih besar dari penerimaan sehingga perlu instrumen untuk pembiayaan lain," ujar Luky di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Baca juga: Kiat Investasi Sukuk Ritel SR-010 Agar Untung

Penerbitan SR-011 ditujukan bagi individu Warga Negara Indonesia. Selain sebagai instrumen pembiayaan APBN, sukuk ritel ditujukan untuk memperluas basis investor di pasar domestik, mendukung pengembangan keuangan syariah.

Penerbitan sukuk ritel ini juga untuk memperkuat pasar modal Indonesia dengan mendorong transformasi masyarakat dari yang berorientasi menabung menuju masyarakat berorientasi investasi.

SR-011 memiliki tenor tiga tahun dengan imbal hasil sebesar 8,05 persen per tahun. Luky mengatakan, sukuk ritel ini bisa diperdagangkan di pasar sekunder setelah dua periode imbalan sejak 11 Juni 2019.

Baca juga: Milenial Dominasi Investasi Sukuk Tabungan ST-003

Dengan catatan, hanya dapat diperdagangkan antar investor domestik. 

"Kalau investor butuh dana, bisa dijual dan dapat capital gain di sana," kata Luky.

Luky menjelaskan, kehadiran Sukuk Negara Ritel dapat memberikan alternatif investasi bagi masyarakat dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif. Hasilnya bisa digunakan untuk memenuhi pembiayaan pembangunan berbagai proyek atau kegiatan APBN 2019. 

Pembelian SR-011 dilakukan melalui berbagai tahapan, mulai pembukaan rekening, penyediaan dana senilai pemesanan, pengisian formulir pemesanan dan penjatahan setelmen.

Baca juga: Pemerintah Serap Dana Rp 8,12 triliun dari Lelang Sukuk Negara

Masyarakat yang berminat membeli Sukuk Negara Ritel seri SR-011 dapat mendatangi 22 mitra distribusi yang ditunjuk pemerintah antara lain sebagai berikut.

  1. Citibank NA Indonesia
  2. Bank BRI Syariah
  3. Bank Central Asia Tbk
  4. Bank Commonwealth
  5. Bank Danamon Indonesia Tbk
  6. Bank DBS Indonesia
  7. Bank HSBC Indonesia
  8. Bank Mandiri (Persero) Tbk
  9. Bank Maybank Indonesia Tbk
  10. Bank Mega Tbk
  11. Bank Muamalat Indonesia Tbk
  12. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  13. Bank OCBC NISP Tbk
  14. Bank Panin Tbk
  15. Bank Permata Tbk
  16. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  17. Bank Syariah Mandiri
  18. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
  19. Bank CIMB Niaga Tbk
  20. Bahana Sekuritas
  21. Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk
  22. Standard Chartered Bank

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X