Ingin Menabung dengan Mudah? Simak Tips Ini

Kompas.com - 03/03/2019, 07:23 WIB
Menabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara.Dok. HaloMoney.co.id Menabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara.

KOMPAS.com - Banyak kiat serta trik yang ditawarkan untuk menabung.  Tetapi kebanyakan dari kiat dan trik menabung tersebut harus membuat seseorang mengorbankan sesuatu.

Nah adakah kiat-kiat menabung tanpa harus berkoban banyak?

Mungkin Anda bisa mengikuti tips  di bawah ini seperti disarankan dalam CNBC Make It.

Berikut beberapa kiat menabung yang perlu Anda ketahui:

1. Menabunglah secara otomatis

Salah satu penulis buku perencanaan keuangan kenamaan asal Amerika Serikat David Bach mengatakan salah satu cara menabung paling mudah adalah dengan membayar untuk diri Anda terlebih dahulu setiap menerima gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, buatlah rekening tabungan dengan menarik uang dari rekening gaji Anda secara otomatis.

Buatlah rekening tabungan Anda seperti tagihan yang perlu dibayar setiap bulan.

"Dengan begitu Anda tidak akan pernah lupa untuk melakukan pembayaran tabungan lagi, dan Anda tidak perlu merasa perlu untuk berhemat untuk menabung karena Anda bahkan tidak akan melihat uang mengalir langsung dari gaji Anda ke rekening tabungan Anda," tulis Bach dalam salah satu bukunya The Automatic Millioanaire.

Baca juga: Mengenal Impact Investing, Menabung untuk Alam dan Sosial

2. Tingkatkan tabungan secara bertahap setiap tahun

Setelah Anda mengatur keuagan Anda dengan secara otoatis menyisihkan uang bulanan, melangkahlah lebih jauh dengan meningkatkan tabungan secara bertahap setiap tahun.

Kenaikan satu persen saja dari jumlah tabungan Anda bisa membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu.

3. Membuat kopi sendiri

Tanpa disadari, kebutuhan untuk ngopi di pagi hari ternyata menguras kantong Anda.

Cara mudah agar bisa tetap ngopi dengan hemat adalah dengan membuat kopi sendiri. Gunakan uang yang dikeluarkan untuk membeli secangkir kopi di kedai-kedai kopi kenamaan itu untuk pengeluaran-pengeluaran yang lebih produktif.

4. Bikin pendapatan pasif (passive income)

Untuk mendapatkan pendapatan pasif memang harus sedikit berusaha di awal. Namun, jika berhasil membangun upaya tersebut, uang akan mengalir dengan sendirinya.

Di masa kini, banyak cara untuk bisa menghasilkan pendapatan pasif, mulai dari menyewakan salah satu kamar di rumah Anda di Airbnb, memasang iklan di blog pribadi, atau mengelola restoran franchise lokal.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X