PLN Bakal Terbitkan Obligasi Global 1,5 Miliar Dollar AS, Untuk Apa?

Kompas.com - 04/03/2019, 12:43 WIB
Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto di Jakarta, Senin (4/3/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANADirektur Keuangan PLN Sarwono Sudarto di Jakarta, Senin (4/3/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN Persero berencana menerbitkan surat utang global atau global bond sekitar 1,5 miliar dollar AS pada tahun ini.

Nantinya dana yang terkumpul akan digunakan oleh BUMN listrik tersebut dalam rangka mengejar rasio elektrifikasi yang ditargetkan oleh pemerintah.

"Iya untuk investasi (peningkatkan rasio elektrifikasi)," ujar Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto di Hotel Darmawangsa, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Pada 2018 lalu, rasio elektrifikasi sudah mencapai 98,3 persen. Adapun pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi tersebut bisa naik hingga 99,9 persen pada akhir 2019.

Saat ditanya kapan global bond diterbitkan, Sarwono mengatakan bahwa hal itu kemungkinan terjadi pada pertengahan 2019. Namun itu masih perkiraan dari PLN.

Baca juga: Pemerintah Minta Freeport dan PLN Tenggak Solar Campuran Minyak Sawit

"Tetapi kapannya bisa juga kaya tahun lalu kamu ancang-ancang pertengahan tahun ternyata jadinya September-Oktober ya. Ini contoh aja," kata dia.

Ia mengungkapan, PLN memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk menerbitkan global bond. Pertama, menyesuaikan dengan kebutuhan PLN. Kedua yakni waktu harus sesuai dengan situasi pasar.

"Jadi kalau dikatakan kapan insya Allah tahun ini iya tetapi kapannya kan kami lihat situsai pasar dan kebutuhan kami," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X