Kompas.com - 04/03/2019, 13:11 WIB
Ilustrasi dollar AS SHUTTERSTOCKIlustrasi dollar AS

NEW YORK, KOMPAS.com - Data yang the Chronicle of Philathropy menunjukkan, sepanjang tahun 2018, jumlah total pemberian donasi yang dilakukan oleh milarder yang masuk dalam daftar 50 miliarder paling dermawan di dunia menurun tajam.

Dikutip dari MarketWatch, Senin (4/3/2019) total donasi yang diberikan oleh para miliarder tersebut turun 50 persen menjadi hanya 7,8 miliar dollar AS di 2018 dari yang sebeumnya mencaoau 14,7 miliar dollar AS di 2017.

Nampaknya, kondisi pasar keuangan yang penuh dengan ketidakpastian tahun lalu cukup memengaruhi keuangan para miliarder dunia.

"Sangat mungkin dengan ketidakpastian tahun lalu memengaruhi para donatur, begitu pula dengan bagaimana pasar bekerja dan kinerja aspek ekonomi lainnya," ujar staff writer Chronicle of Philanthropy Maria Di Mento.

Baca juga: Jumlah Miliarder Dunia Menyusut 430 Orang, Apa Sebabnya?

Jumlah donasi yang cukup besar pada tahun 2017 lalu pun juga dipengaruhi oleh kondisi pasar modal yang memberikan return sangat baik.

Adapun sebagian besar mereka yang masuk dalam 50 donatur teratas berasal dari perusahaan teknologi dan keuangan. Banyak dari sumbangan yang mereka berikan menunjukkan minat para donatur tersebut dalam keberlanjutan masa depan.

Sebagian besar uang tersebut digunakan untuk meneliti dampak dari kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), hingga bagaimana melindungi privasi seseorang di dunia daring.

Di antara daftar para miliarder dermawan tersebut terdapat salah satu pendiri Microsoft Paul Allen yang mendonasikan 125 juta dollar AS kekayaannya untuk membuat program penelitian baru di Allen Institue for Artificial Intelligence sebelum dirinya meninggal dunia pada Oktober lalu.

Baca juga: Sepanjang 2018, China Kehilangan 161 Miliarder

Selain itu, juga ada satu nama baru yang muncul dalam daftar 50 miliarder paling dermawan di dunia tersebut, yaitu Jeff Bezos dan mantan istrinya, MacKenzie Bezos. Sebagai catatan, sebagai pasangan suami istri terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai 134,7 miliar dollar AS, Bezos dan istrinya beum pernah masuk di dalam daftar orang kaya paling dermawan tersebut.

Setelah selama bertahun-tahun keduanya relatif bungkam dalam memublikasikan nilai donasi yang mereka berikan, akhirnya pasangan tersebut tahun lalu mengklaim akan mendonasikan 2 miliar dollar AS untuk memerangi tuna wisma dan menigkatkan kualitas pendidikan pra sekolah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.