Lima Tips Mengelola Situs Bisnis Online yang Tepat

Kompas.com - 04/03/2019, 16:26 WIB
Ilustrasi peluang bisnis digital. ThinkstockIlustrasi peluang bisnis digital.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis jual beli online kian menjamur belakangan ini. Para pebisnis berlomba-lomba memasarkan produknya di dunia maya.

Trend ini disebabkan karena semakin mudah masyarakat untuk mengakses internet. Terlebih, saat ini masyarakat makin banyak yang mempunyai smartphone. Smartphone sendiri merupakan gerbang utama untuk mengakses internet.

Atas dasar itu, pemilik situs jual beli online harus menyediakan pengalaman belanja yang menarik bagi para pelanggannya. Sebab, pengalaman menarik jadi salah satu alasan konsumen berkunjung ke salah satu situs jual beli online.

Marketing Google Indonesia, Muriel Makarim mengatakan, berdasarkan hasil riset sebesar 68 persen pengguna smartphone disebut mengandalkan perangkatnya untuk mencari informasi yang berpengaruh terhadap pembelian.

“Namun, pencarian tersebut harus berjalan tanpa gangguan, karena 53 persen konsumen tercatat akan meninggalkan suatu situs web jika halamannya membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk dapat memuat,” ujar Muriel, baru-baru ini.

Saat ini, kata Muriel, website di Indonesia rata-rata memakan waktu sekitar 6 detik untuk memuatnya. Muriel pun memberikan lima tips bagi para pebisnis jual beli online agar situsnya lebih banyak dikunjungi.

Fitur Auto-Complete

Pertama, pemilik situ harus memudahkan pengunjungnya untuk melakukan pencarian. Caranya dengan menggunakan fitur Autocomplete guna memberikan saran kata kunci populer dan fitur Spell Check untuk membantu pengguna saat melakukan kesalahan pengetikan produk atau layanan yang dicari.

Ulasan

Kedua, situs bisnis juga perlu mencantumkan review yang relevan dan kredibel. Hal tersebut untuk mempermudah pelanggan melakukan perbandingan produk.

Rincian Biaya

Ketiga, situs bisnis disarankan untuk menampilkan informasi rincian biaya yang harus dibayarkan pelanggan untuk mendapatkan produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, opsi pembayaran yang jelas dan mudah juga wajib disertakan para pemilik situs.

Nomor Kontak

Keempat, situs bisnis disarankan menampilkan informasi dan konten yang jelas. Selain itu, pemilik situs wajib mencantumkan nomor kontak yang dapat dihubungi.

Meringkas Konten

Kelima, terkait masalah kecepatan mengakses web, semilik situ harus meringkas kontennya, meningkatkan kinerja servernya dan melakukan penyimpanan (caching).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X