Singapura Gelontorkan Rp 3,1 Triliun untuk Genjot Inovasi Digital

Kompas.com - 04/03/2019, 17:30 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pemerintah Singapura akan menggelontorkan anggaran sebesar 300 juta dollar Singapura atau setara sekira Rp 3,1 triliun untuk mendorong riset di bidang inovasi digital. Ini sejalan upaya pemerintah mentransformasi perekonomian Singapura melalui teknologi.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (4/3/2019), angka tersebut meningkat hampir dua kali lipay dibandingkan alokasi saat ini. Menurut Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura S Iswaran, ini adalah upaya lanjutan rencana lima tahun National Research Foundation yang akan berakhir tahun 2020 mendatang.

Dana tersebut akan dipakai untuk riset di bidang jasa dan ekonomi digital.

Baca juga: Kuartal IV 2018, Pertumbuhan Ekonomi Singapura Hanya 2,2 Persen

"Investasi di bidang riset dan pengembangan adalah hal penting untuk membantu industri kita berinovasi dan tetap kompetitif, bahkan ketika perkembangan teknologi sangat pesat," jelas Iswaran.

Ia menuturkan, pemerintah Singapura menargetkan seluruh bisnis, pekerja, dan masyarakat terkoneksi dan terlatih secara digital.

Baca juga: Paspor Singapura Kini Tak Lagi yang Terkuat di Dunia

Singapura yang merupakan salah satu pusat keuangan penting di dunia berupaya menarik lebih banyak pelaku usaha dan investor melalui kemajuan teknologi. Pemerintah Singapura menelurkan berbagai kebijakan, antara lain dengan membantu kalangan usaha merambah digital dan mengembangkan tenaga kerja yang terlatih dalam hal teknologi tinggi.

Iswaran menyatakan, Singapura akan memanfaatkan kecerdasan buatan dan solusi berbasis komputasi awan untuk setiap sektor bisnis pada tahun 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.