AirAsia Hentikan Penjualan Tiket di Traveloka, Bagaimana dengan di Tiket.com?

Kompas.com - 04/03/2019, 18:09 WIB
Pesawat Airbus A330-900 yang dipesan AirAsia Xdok AirAsia X, Airbus Pesawat Airbus A330-900 yang dipesan AirAsia X

JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung hari ini, Senin (4/3/2019) AriAsia Indonesia resmi menghentikan penjualan tiket mereka di travel agen daring (online travel agent/OTA) Traveloka. Hal ini berkaitan dengan hilangya tiket mereka di Traveloka secara misterius pada 2 Maret 2019 lalu.

Sebagai catatan tak hanya di Traveloka saja tiket AirAsia hilang. Hal serupa juga terjadi di OTA lain, yaitu Tiket.com. Akan tetapi Direktur Utama AirAsia Indonesia Kurniawan mengatakan, pihaknya masih menunggu penjelasan dari Tiket.com terkait hilangnya tiket mereka di OTA tersebut.

"Kami menunggu klarifikasi resmi dari mereka, OTA lain. Untuk yang lain kami menunggu. Suspensi ke Traveloka khusus ya," ujar Dendy di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Dendy pun berharap pihak Tiket.com bisa secara kooperatif menjalankan proses bisnis dengan AirAsia Indonesia. AirAsia Indonesia pun menyatakan masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kejadian yang sudah terjadi dalam dua minggu belakangan.

"Kami akan lihat mudah-mudahan mereka kooperatif," ujar dia.

Dendy mengatakan, kontribusi penjualan tiket AirAsia di OTA terhadap keseluruhan penjualan tiket mereka sebesar 20 persen. Porsi tersebut cukup besar. Apalagi, Traveloka berkontribusi sebesar 10 persen dari seluruh penjualan di OTA.

Namun, Dendy cukup optimis ditariknya penjualan tiket AirAsia Indonesia sekaligus grup mereka di enam negara tak akan memengaruhi arus penjualan tiket secara signifikan.

"Traveloka dari 20 persen kontribusi penjualan di OTA mereka sebesar 10 persen. Tapi kami nggak khawatir. Karena bukan berarti penjualan kami langsung turun 10 persen, karena penumpang tetap akan cari ke web kami," ujar Dendy.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X