Mau Membeli Rumah? Perhatikan Hal Ini Supaya Tak Menyesal

Kompas.com - 05/03/2019, 10:16 WIB
Ilustrasi rumah Wentao LiIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Anda hendak membeli rumah, sebaiknya pikirkan pula biaya lainnya yang mungkin akan ikut serta dengan pembelian rumah tersebut. Pikirkanlah dahulu sebelum Anda menyesal di kemudian hari.

Baru-baru ini menurut jajak pendapat 1.500 pemilik rumah yang dilansir dari CNBC Make it, hampir dua pertiga atau 63 persen generasi milenial berusia 25-35 tahun menyesal telah membeli rumah. Persentase tersebut lebih besar ketimbang generasi usia 55-73 tahun yang hanya 35 persen.

Ternyata, alasan utamanya karena tidak mempertimbangkan biaya lainnya yang terkait dengan pembelian rumah, termasuk tanggung jawab yang berkelanjutan untuk merawatnya, pembayaran asuransi, dan pembayaran pajak properti. Bahkan kesalahan-kesalahan perhitungan tersebut telah menjadi kesalahan umum.

"Lakukan pemeriksaan penuh atas semua keuangan," kata seorang kepala ekonom real astate, Daryl Fairweather dilansir dari CNBC Make it, Senin (4/3/2019)

Baca juga: 4 Penyebab Kaum Milenial Stres, Keuangan Jadi Sumber Utama

"Banyak biaya tersembunyi datang dengan memiliki rumah yang mungkin tidak segera Anda pertimbangkan. Termasuk asuransi, pajak properti dan biaya penutupan yang biayanya mencapai 2 hingga 5 persen dari harga rumah," lanjut Daryl.

Calon pembeli rumah juga seringkali mengabaikan biaya pemeliharaan dan perbaikan. Tak jarang, banyak orang mengambil pekerjaan sambilan untuk melunasi biaya perawatan rumah maupun pajaknya.

Banyak para ahli ekonomi merekomendasikan untuk menyisihkan uang sebesar 1 sampai 3 persen dari harga pembelian rumah. Misalnya bila harga rumah Rp 500 juta maka kita  setidaknya harus menyisihkan uang Rp 5 juta untuk perawatan rumah setiap tahunnya.

Hal lainnya yang bisa memicu penyesalan adalah lokasi rumah yang tidak strategis dan kurang ideal. Sekitar 10 persen pembeli berdasarkan survei bankrate menyatakan hal itu.

"Mereka menetap di rumah-rumah di lingkungan yang kurang ideal," kata Daryl.

Selain itu, menurut survei dari National Association of Realtors, 18 persen pembeli tidak puas dengan ukuran rumah yang terlalu kecil.

Daryl merekomendasikan untuk selalu mengunjungi rumah sendiri sebelum memutuskan membeli rumah baru agar kriteria calon rumah baru sesuai keinginan.

"Sangat penting bagi pembeli untuk berbicara panjang lebar dengan agen mereka tentang apa yang mereka cari di rumah dan komunitas di sekitarnya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.