Tak Hanya di Traveloka dan Tiket.com, Tiket AirAsia Juga Hilang di Beberapa OTA Lain

Kompas.com - 05/03/2019, 10:33 WIB
Pesawat Airbus A330-900 yang dipesan AirAsia X dok AirAsia X, AirbusPesawat Airbus A330-900 yang dipesan AirAsia X

JAKARTA, KOMPAS.com - Per Senin (4/3/2019), AirAsia Indonesia resmi menarik penjualan tiket mereka di agen travel daring (online travel agent) Traveloka.

Penarikan penjualan tiket di OTA yang juga menyandang status sebagai unicorn (perusahaan rintisan dengan nilai kapitalisasi mencapai 1 miliar dollar AS) Indonesia tersebut merupakan bentuk suspensi kerja sama perusahaan secara permanen lantaran tiket AirAsia yang dalam dua minggu terakhir kerap hilang secara misterius di situs Traveloka.

Selain di Traveloka, tiket AirAsia juga menghilang di OTA lain, yaitu Tiket.com. Akan tetapi Direktur Utama AirAsia Indonesia Kurniawan mengatakan, pihaknya masih menunggu penjelasan dari Tiket.com terkait hilangnya tiket mereka di OTA tersebut.

"Kami menunggu klarifikasi resmi dari mereka, OTA lain. Untuk yang lain kami menunggu. Suspensi ke Traveloka khusus ya," ujar Dendy di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Baca juga: Ketika Cinta AirAsia Bertepuk Sebelah Tangan dengan Traveloka...

Adapun berdasarkan penelusuran Kompas.com, tiket AirAsia pun tidak tersedia di beberapa OTA lainnya, seperti di misteraladin.com juga pegi-pegi.

Rifai Taberi, Direktur Niaga AirAsia Indonesia, pun sempat menyatakan, kasus hilangnya tiket AirAsia di beberapa OTA tersebut memiliki indikasi yang sama dengan yang terjadi pada Traveloka.

"Di OTA-OTA yang lain, kasusnya mirip, sama dengan Traveloka," ujar dia.

Adapun Agoda, menjadi satu-satunya OTA yang masih menyediakan tiket AirAsia di situs mereka. Akan tetapi, selisih harga tiket penerbangan AirAsia untuk waktu yang sama antara Agoda dengan situs resmi penjualan tiket AirAsia di AirAsia.com cukup besar.

Di AirAsia.com, tiket untuk jadwal penerbangan Selasa (12/3/2019) dari Jakarta ke Yogyakarta pukul 05.45-06.55 WIB dihargai Rp 520.100, sedangkan di Agoda tiket dengan waktu penerbangan yang sama dihargai Rp 624.000. Selisih harga tiket di AirAsia.com dan Agoda mencapai Rp 103.900.

Harga tiket AirAsia jika dibandingkan dengan low cost carrier (LCC) atau maskapai dengan harga murah lainnya, juga memiliki selisih harga yang cukup signifikan.

Jika dibandingkan dengan Lion Air misalnya, untuk penerbangan di waktu yang sama dengan rute Jakarta-Yogyakarta, tiket Lion Air di Tiket.com dibanderol Rp 620.000, selisih Rp 99.900 dengan tiket AirAsia di AirAsia.com yang dihargai Rp 520.100.

Sementara, harga tiket Lion Air di situs penjualan resmi mereka lionair.co.id memiliki harga yang sama dengan harga yang dijual di OTA.

Baca juga: AirAsia Tarik Secara Permanen Seluruh Penjualan Tiketnya dari Traveloka

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X