Mau Lapor SPT di Hari-Hari Terakhir? Ingat Jalan Tol saat Mudik

Kompas.com - 05/03/2019, 16:15 WIB
Pengguna bisa melihat sudah berapa persenkah formulir SPT Pajak diisi sebelum mengunduhnya screenshotPengguna bisa melihat sudah berapa persenkah formulir SPT Pajak diisi sebelum mengunduhnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajib pajak, segeralah melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan ( SPT) pajak 2018. Jangan lagi menunda-nunda, apalagi sampai tak melapor.

Sebab, ada konsekuensi bagi wajib pajak yang memilih melaporkan SPT jelang penutupan 31 Maret 2019. Konsekuensi terbesarnya adalah tidak bisa melaporkan SPT.

Hal ini bisa terjadi lantaran kantor pajak biasanya dipadati oleh wajib pajak yang akan melaporkan SPT secara offline. Hal ini kerap terjadi setiap tahun.

Baca juga: Tak Ingin Kena Denda? Lapor SPT Pajak Anda Sebelum Jatuh Tempo

Di sisi lain, pelaporan SPT secara online melalui e-filing juga kerap mengalami gangguan lantaran banyaknya wajib pajak yang mengakses.

"Sekarang kan pakai online kalau diserbu jutaan orang kan sama saja dengan jalan tol kita macet. Jadi jauh-jauh hari. Lebih cepat, lebih baik," ujar Kepala Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Pusat Estu Budiarto, Jakarta, Selasa (5/3/2019)

Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pajak mengingatkan kembali agar wajib pajak sesegera mungkin melaporkan SPT.

Baca juga: Sudah 3,2 Juta Wajib Pajak Laporkan SPT, 90 Persen Via E-Filing

Jangan sampai berbagai masalah di hari-hari terakhir pelaporan SPT membuat wajib pajak tak kesampaian melapor.

Sebab, ada denda untuk wajib pajak yang tak melaporkan SPT. Dendanya Rp 100.000 untuk wajib pajak pribadi dan Rp 1 juta untuk wajib pajak badan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X