Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Milenial dalam Mengelola Uang

Kompas.com - 05/03/2019, 17:31 WIB
Ilustrasi milenial SHUTTERSTOCKIlustrasi milenial

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial dianggap kelompok umur yang tergolong baru memegang uang sendiri dari pekerjaannya. Sayangnya, sebagian dari mereka masih ada yang belum bisa mengelolanya dengan baik sehingga selalu merasa gaji mereka kurang.

Sebagian dari milenial menghabiskan upah bulanan tanpa menyisakannya untuk ditabung.

Perencana keuangan OneShildt Budi Raharjo mengatakan, hal ini merupakan sebagian kesalahan yang banyak dilakukan milenial dalam mengelola keuangan. Milenial cenderung tergoda untuk pengeluaran yang diluar daftar kebutuhannya, seperti untuk nongkrong, belanja, dan jalan-jalan.

"Banyak sekali godaan itu sehingga milenial disarankan menyeimbangkan kehodupannya dan belajar mengelola keuangannya dengan baik sejak dini," ujar Budi kepada Kompas.com, Selasa (5/2/2019).

"Jadi tidak terus menerus menerus penghasilannya besar, tapi akhirnya habis juga," lanjut dia.

Menurut Budi, setidaknya ada enam.kesalahan yang tanpa sadar dilakukan milenial dalam mengelola uang mereka. Berikut poin-poinnya:

1. Berpikir hanya untuk Saat Ini

Kesalahan pertama milenial yang banyak dilakukan adalah hanya memikirkan kepentingan saat ini dan tak berpikir jangka panjang. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi karena milenial di tahap awal masih lajang sehingga hidup untuk dirinya sendiri. Merasa punya penghasilan sendiri dan masih ada dorongan untuk bersenang-senang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, milenial yang tak memikirkan jangka panjang akan ketar ketir saat berumah tangga nanti. Kebutuhan hidup semakin besar sehingga harus merencanakan keuangan lebih baik.

2. Kurang Siap Menghadapi Kondisi Mendadak

Milenial dianggap kurang persiapan menghadapi situasi yang butuh dana mendadak karena tak menyiapkan dana darurat. Hal ini terjadi karena dorongan konsumsi tinggi setiap punya penghasilan. Prioritasnya menjadi agak berantakan.

"Jadi dia tidak siap menghadapo situasi mendadak. Ujung-ujungnya kesulitan sendiri," kata Budi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.