Kredivo: Ketika Belanja, Cowok Lebih Senang Mencicil ketimbang Cewek

Kompas.com - 05/03/2019, 19:20 WIB
Ilustrasi Thinkstock/DavilesIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kredivo sebagai penyedia jasa layanan kartu kredit digital baru saja melakukan survei perilaku belanja dengan tajuk Tren Belanja 2019.

Berdasarkan data yang diambil dari 50.000 sampel pengguna Kredivo 3 bulan terakhir (November 2018 – Januari 2019) menunjukkan, sekitar 57,6 persen pengguna layanan Kredivo adalah cowok, sedangkan 42,4 persen pengguna merupakan cewek.

"Hal ini menunjukkan bahwa cowok cenderung lebih aktif dalam bertransaksi online dibanding cewek," ujar Head of Marketing Kredivo India Andamari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/3/2019).

Tak hanya dari segi persentase pengguna saja, jika dilihat dari banyaknya transaksi cicilan di e-commerce, kebanyakan pengguna layanan cicilan, atau sebesar 66,7 persen dari sampel adalah cowok. Sedangkan cewek hanya memiliki prosi 33,3 persen dari total keseluruhan transaksi.

"Dapat disimpulkan bahwa pria mendominasi layanan cicilan ini dibandingkan wanita," jelas Intan.

Dalam keterangan tertulisnya, Kredivo mengutip Harvard Business Review yang menerangkan bahwa laki-laki cenderung lebih berani mengambil risiko dibandingkan dengan perempuan.

Perbedaan gender dianggap bisa memengaruhi aktivitas otak yang memperhitungkan resiko dan bagaimana mereka mengambil tindakan.

Ditambah lagi, budaya dalam negeri yang menempatkan cowok sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mencari nafkah sekaligus sebagai kepala keluarga, membuat mereka cenderung lebih berupaya untuk mencari cara agar dapat memenuhi kebutuhan namun tetap menjaga cash flow tetap aman.

"Kredivo membantu mereka dalam hal ini,” ujar Indina.

Dari segi perilaku penggunanya, Kredivo mencatatkan adanya persamaan perilaku pengguna Kredivo dengan perilaku pengguna kartu kredit konvensional di Indonesia. Dari 3 fitur produk yang dimiliki Kredivo, sebanyak 21 persen pengguna menggunakan layanan cicilan Kredivo untuk bertransaksi di e-commerce, kemudian sebesar 30 persen pengguna menggunakan layanan pinjaman tunai. Selain itu, sebanyak 85 persen pengguna Kredivo menggunakan layanan bayar dalam 30 hari.

“Layanan bayar dalam 30 hari menawarkan kenyamanan bagi para pengguna dalam bertransaksi secara online dalam 2 klik saja. Selain cepat dan mudah, pengguna dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayarnya kemudian. Jadi tidak heran, persentase pengguna yang memanfaatkan layanan ini sangat tinggi,” ungkap Indina.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X