Kompas.com - 06/03/2019, 09:03 WIB
Peluncuran Program Panin Super Bonanza 2019 di Panin Bank Centre, Jakarta Pusat, Selasa (5/03/2019). KOMPAS.com/Fika Nurul UlyaPeluncuran Program Panin Super Bonanza 2019 di Panin Bank Centre, Jakarta Pusat, Selasa (5/03/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pan Indonesia Tbk alias Bank Panin mengatakan pihaknya telah siap jika akan ada perubahan struktur pemegang saham perusahaan tahun ini. Hal ini disebabkan pemegang saham Bank Panin yakni Austalia and New Zealand Banking Group Ltd (ANZ) bakal melepas kepemilikan sahamnya di bank yang memiliki kode emiten BNPN ini.

Mengutip Kontan.co.id Rabu (6/3/2019), Direktur Utama Bank Panin Herwidayatmo menjelaskan kalau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator sudah meminta ANZ untuk menurunkan porsi kepemilikan saham di Bank Panin jika tidak ingin menjadi pemegang saham pengendali.

Asal tahu saja, status ANZ sampai saat ini masih menjadi pengendali perusahaan dengan porsi kepemilikan saham lebih dari 25 persen.

Mengutip laman resmi perusahaan, saat ini porsi saham ANZ di Bank Panin saat ini sebesar 38,82 persen. Sementara sisanya sebesar 46,04 persen dimiliki oleh PT Panin Financial Tbk dan publik sebesar 15,14 persen.

"OJK aturannya jelas kalau ingin pengendai ya di atas 25 persen, tapi mereka (ANZ) kan ingin menurunkan dari 38 persen," ujarnya di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan seluruh kewenangan perubahan porsi saham ANZ tersebut berada di tangan OJK. Sehingga, Herwid sapaan akrab Herwidayatmo ini tak bisa menjelaskan secara rinci mengenai rencana tersebut.

"Kalau mereka (ANZ) minta waktu lagi, ya itu kewenangan OJK mau memberikan waktu sampai kapan. Kalau kami sudah siap jika memang harus begitu," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara mengenai proses pelepasan saham dan rencana calon investor yang sudah mendekati Bank Panin. Ia memilih untuk tidak banyak berkomentar. "Ini bukan di tangan kami, tapi di tangan ANZ. Kalau mereka yang melakuakn tapi yang mengumumkan kami tidak pantas," sambungnya.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: ANZ bakal hengkang dari Bank Panin, ini kata Manajemen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.