Tak Cuma Perempuan, Laki-laki Juga Doyan Belanja Produk Fashion

Kompas.com - 06/03/2019, 09:32 WIB
Ilustrasi berbelanja online. Dok. Visa Ilustrasi berbelanja online.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kredivo sebagai penyedia jasa layanan kartu kredit digital baru saja melakukan survei perilaku belanja dengan tajuk Tren Belanja 2019.

Berdasarkan data yang diambil dari 50.000 sampel pengguna Kredivo 3 bulan terakhir (November 2018 – Januari 2019) menunjukkan, belanja fashion memiliki porsi yang cukup besar dalam transaksi menggunakan Kredivo.

Dari total keseluruhan sampel laki-laki, sebanyak 39,3 persen berbelannja untuk produk fashion dan aksesorisnya, baru kemudian pembelian produk gadget sebesar 36,8 persen dan perlengkapan rumah tangga sebesar 18 persen.

Sementara untuk pengguna perempuan, sampel yang berbelanja produk fashion sebesar 55 persen, disusul dengan produk kesehatan dan kecanyikan sebesar 41 persen serta perlengkapan rumah tangga sebesar 26,2 persen.

Kredivo menyatakan banyaknya permintaan terhadap kategori-kategori tersebut seiring dengan perkembangan e-commerce yang luar biasa di Indonesia.

Mengutip studi McKinsey, value dari pasar e-commerce Indonesia akan meningkat 8 kali lipat antara tahun 2017-2022.

“Penetrasi smartphone dan internet yang pesat di Indonesia menjadikan mobile payment sebagai solusi pembayaran digital yang tepat," ujar Head of Marketing Kredivo India Andamari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/3/2019).

Adapun jika dilihat dari total nilai belanja, kategori gadget dan aksesorisnya berada di peringkat pertama mengalahkan kategori fashion. Nilai transaksi belannja gadget untuk laki-laki sebesar empat kali lipat dari transaksi fashion, sementara untuk perempuan hampir dua kali lipat.

Pembelian gadget oleh pria mencapai 51 persen dari keseluruhan nilai transaksi, sedangkan pembelian gadget oleh wanita mencapai 38 persen dari keseluruhan nilai transaksi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X