Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Dunia, Siapa Saja?

Kompas.com - 06/03/2019, 12:45 WIB
CEO Amazon Jeff Bezos pinterestCEO Amazon Jeff Bezos

JAKARTA, KOMPAS.com - Majalah Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia. Berdasarkan daftar tersebut, Jeff Bezos mempertahankan posisinya di tahun lalu sebagai orang paling kaya nomor satu di dunia.

Jumlah kekayaan CEO sekaligus pendiri Amazon ini mencapai 131 miliar dollar As atau setara dengan Rp 1.834 triliun (kurs Rp 14.000).

Bermula dari mendirikan Amazon pada 1994 lalu, Bezos berhasil menyulap Amazon menjadi salah satu perusahaan teknologi dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Adapun saat ini, dirinya memegang sebesar 16 persen dari saham Amazon.

Baca juga: Begini Cara Orang-orang Terkaya Dunia Menghabiskan Uangnya

Pada tahun 2018 lalu, Amazon mencatatkan pendapatan sebesar 230 miliar dollar AS dengan laba bersih mencapai 10 miliar dollar AS. Angka tersebut meningkat 3 miliar dollar AS dibandingkan dengan tahun lalu.

Kehidupan pribadi Bezos pun tak luput dari kontroversi, pada Januari lalu, dia dan MacKenzie Bezos memutuskan untuk bercerai setelah 25 tahun menikah. Namun, keduanya tak pernah membeberkan alasan perceraian tersebut.

Adapu MacKenzie yang menjadi akuntan pertama Amazon berdasarkan hukum Washington bisa mendapatkan setengah dari aset Jeff Bezos yang membuatnya menjadi perempuan paling kaya di dunia.

Baca juga: Bercerai, Istri Jeff Bezos Jadi Wanita Terkaya di Dunia?

Selain mendirikan dan menduduki posisi CEO di Amazon, Bezos juga memegang kendali atas perusahaan media The Washington Post juga perusahaan pesawat luar angkasa Blue Origin yang tengah mengembangkan roket untuk penerbangan komersil.

Forbes mencatatkan, terjadi kemerosotan jumlah kekayaan orang -orang super kaya sebesar 400 miliar dollar AS dari tahun lalu menjadi 8,7 triliun dollar AS tahun ini.

Adapun sebanyak 11 persen anggota miliarder terkaya yang berada di dalam daftar tahun lalu, atau setidaknya 247 orang keluar dari daftar. Angka tersebut adalah yang terbanyak sejak puncak krisis keuangan dunia pada 2009 lalu.

Baca juga: Kekayaan Mark Zuckerberg dan Jeff Bezos Menyusut, Apa Sebabnya?

Mark Zuckerberg yang tahun lalu menempati posisi ke-5 orang paling kaya di dunia kini merosot ke posisi ke-8 lantaran kekayaannya tergerus 9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 127 triliun setelah berbagai skandal yang melanda Facebook awal tahun lalu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X