Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Promo di Ojek Online, Simak Tips Ini Agar Tak Boros

Kompas.com - 08/03/2019, 07:45 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna aplikasi penyedia jasa layanan ojek online (ojol) pasti sudah sangat hafal dengan berbagai tawaran promo menggiurkan, seperti cashback dengan berbagai persentase tertentu, biaya pengiriman gratis, hingga berbagai bentuk potongan harga atau diskon.

Tentu saja berbagai tawaran promo tersebut sangat sayang untuk dilewatkan dan tanpa sadar, pengeluaran defisit lantaran tergiur promo.

Lalu, bagaimana cara untuk mengerem pengeluaran di tengah banyaknya tawaran diskon tersebut?

Baca juga: Kecanduan Ojek Online, Bagaimana Mengatur Duit agar Tak Kuras Kantong?

Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Indarto mengatakan, seseorang yang memiliki anggaran tepat dan bisa membedakan kebutuhan dan keinginan mampu untuk bisa memanfaatkan berbagai promo dengan tepat.

"Membeli itu bukan karena diskon. Jangan jadikan diskon membuat kita terpacu untuk berbelanja," ujar dia kepada Kompas.com, Rabu (6/3/2019).

Menurut Eko, memasukkan dana atau sebagian uang di dompet digital semacam Go-Pay dan OVO tidak menjadi masalah. Pasalnya, kini tak ada bedanya menyimpang dana di e-wallet ataupun di tabungan.

Baca juga: Pelanggan Ojek Online Bisa Habis Belasan Juta Rupiah dalam Setahun?

"Sebenarnya ngga masalah kalau dananya dimasukkan e-wallet karena toh kalau dimasukkan ke tabungan juga nggak ada bedanya, enggak ada bunganya," ujar dia.
E
Yang terpenting, jangan sampai berbagai tawaran kemudahan yang diberikan oleh teknologi baik melalui layanan ojek online juga e-wallet mengubah gaya hidup sehingga melupakan berbagai prioritas. Pengendalian diri menjadi penting di tengah berbagai tawaran kemudahan tersebut.

"Jangan disalahkan alatnya, jangan disalahkan aplikasinya, jangan disalahkan penggunanya. Lebih kepada bagaimana mengendalikan diri kita, itu yang penting," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com