Diresmikan, Tol Terpanjang di Indonesia Mulai Beroperasi Hari Ini

Kompas.com - 08/03/2019, 10:35 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAPresiden Joko Widodo meresmikan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).

LAMPUNG SELATAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar yang membentang sepanjang 140,7 kilometer dari Lampung Tengah ke Lampung Selatan.

Presiden Joko Widodo mengatakan, ruas tol ini merupakan ruas tol terpanjang yang pernah dia resmikan.

"Hari ini kita akan resmikan ruas jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan," ujar Jokowi di depan Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).

Baca juga: Sebelum Diresmikan, Menteri Rini Jalan Kaki Susuri Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Sebelumnya ruas tol terpanjang yang pernah diresmikan Jokowi sekaligus yang memegang predikat tol terpanjang di Indonesia adalah tol Cikopo-Palimanan sepanjang 116 kilometer.

Nantinya, ruas tol ini akan diteruskan dan menghubungkan Lampung hingga Palembang dan ditargetkan sudah bisa beroperasi secara fungsional pada periode Lebaran, Juni 2018.

Sebagai catatan, pengerjaan konstruksi Tol Bakeuheni -Terbanggi Besar terbagi menjadi empat paket, yaitu Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 kilometer yang sudah rampung dan telah beroperasi pada Januari 2018 lalu.

Baca juga: Hari Ini, Jokowi Akan Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia

 

Kemudian Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru (40,6 kilometer), Paket 3 Kotabaru-Metro (29 kilometer), dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar (31,93 kilometer) sudah rampung pekerjaan konstruksinya pada Desember 2018.

Sementara, untuk pekerjaan jalan tol hingga Palembang dengan panjang 365 kilometer dijadwalkan akan rampung pada Juni 2019 ini. Bintang mengatakan, jika sudah resmi beroperasi penuh, perjalanan dari Bakeuheni ke Palembang bisa ditempuh dengan perjalanan maksimal 6 jam.

Adapun Tol Trans-Sumatera merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditugaskan pemerintah kepada Hutama Karya berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2015 yang merupakan revisi atas Perpres Nomor 100 Tahun 2014. Untuk pengerjaan proyek ini, taksiran nilai investasinya sebesar Rp 476 triliun.

Baca juga: Garap Tol Trans Sumatera, Hutama Karya Incar Pendapatan Rp 34,32 Triliun Tahun Ini

Dari total 24 ruas tersebut, tujuh di antaranya merupakan ruas prioritas dengan nilai investasi Rp 81,09 triliun.

Jalan yang membentang dari Bakauheni hingga Banda Aceh ini dirancang sepanjang 2.765 kilometer yang terbagi dalam 24 ruas.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X