BI Dukung Peningkatan Ekonomi di Kaltara

Kompas.com - 08/03/2019, 10:55 WIB
Logo Bank Indonesia (BI). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Bank Indonesia (BI).

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara, melakukan kunjungan ke Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk membangun koordinasi dan bersinergi dalam pembangunan daerah di wilayah Tarakan, Kalimantan Utara.

"Sinergi dan koordinasi dibangun antara lain dalam upaya menjaga inflasi melalui TPID untuk menjaga harga kebutuhan pokok yang terjangkau oleh masyarakat," ujar Walikota Tarakan Khairul dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (7/3/2019).

Baca juga: PLN : 2018 Seluruh Desa di Kaltim dan Kaltara Berlistrik

Adapun Mirza menyampaikan tugas utama Bank Indonesia dalam menjaga nilai Rupiah, salah satunya melalui pasokan sektor riil sehingga produksi barang dan jasa harus cukup, khususnya kebutuhan pangan.

Pada 2018, Inflasi Kalimantan Utara tercatat 5 persen dan diproyeksi 3,2 persen pada 2019. Inflasi diharapkan tetap terjaga rendah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain melalui sektor riil, upaya menjaga nilai nilai tukar rupiah ditempuh melalui peran daerah untuk turut menjaga nilai tukar rupiah dengan mendorong kemajuan kegiatan pariwisata daerah dan mendorong ekspor produk daerah.

Baca juga: Akhir Tahun, Warga Tarakan Dapat Nikmati Pasokan Gas dari Pemerintah

Kegiatan mendorong pariwisata tentunya akan menggiatkan ekonomi masyarakat, UMKM, dan mengangkat budaya daerah yang bersangkutan.

Mirza mengatakan, daerah yang dapat mengundang turis asing akan berpengaruh pada kestabilan nilai tukar.

"Jika daerah tersebut dapat mengundang turis asing, maka hal itu akan mendatangkan devisa yang bagus untuk kestabilan nilai tukar rupiah," katanya.

Adapun potensi wisata di Kalimantan utara meliputi Desa Setulang, Metun Sajau, Kawasan Konservasi Mangrove (Hutan Bekantan), Air Terjun Semolon, dan Air Terjun Gunung Amal. Sedangkan potensi komoditas ekspor Kalimantan utara mengacu pada perikanan dan pertambangan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X