Kompas.com - 09/03/2019, 09:55 WIB
Ilustrasi kerja malam ShuttermonIlustrasi kerja malam

KOMPAS.com - Ada banyak orang yang begitu mencintai pekerjaan. Barangkali pekerjaannya itu adalah pekerjaan impian atau malah sebenarnya sesuai dengan minat dan bakatnya.

Namun, ada titik di mana pekerjaan yang dilakukan bisa berubah dari profesional menjadi berbahaya, misal ketika Anda sudah gila kerja alias workaholic. Gila kerja dapat memengaruhi hubungan interpersonal serta kesehatan fisik dan mental.

Ketika tanda-tanda gila kerja terlihat, psikoterapis untuk ParentingPod dan Nobel Coaching and Tutoring Ana Jovanovic menyarankan Anda berkonsultasi pada atasan atau HRD maupun rekan-rekan kerja tentang kebiasaan Anda di kantor dan dampaknya bagi orang lain. Rencanakan juga kegiatan setelah bekerja untuk memastikan Anda benar-benar mengakhiri pekerjaan di akhir hari.

Lakukan juga kegiatan yang menenangkan Anda secara emosional seperti membaca, mendengarkan musik, atau kegiatan lain yang menstimulasi inspirasi dan introspeksi. Jangan sungkan juga meminta bantuan ahli seperti psikolog.

Jovanovic menjelaskan beberapa tanda Anda gila kerja, seperti dikutip dari Ladders, Sabtu (9/3/2019) berikut ini.

1. Merasa cemas ketika tidak bekerja

Meski kerap kali tak senang dengan pekerjaannya, orang yang gila kerja merasa bekerja memberi mereka ketenangan, struktur, dan makna. Menurut Jovanovic, ini dapat berakhir pada rasa bersalah, cemas, dan tak berdaya ketika tidak bekerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tanpa ada tugas harian yang harus dikerjakan, seorang yang gila kerja bisa merasa mereka membuang-buang waktu atau hidup tanpa makna," ujar Jovanovic.

2. Menjadikan bekerja sebagai prioritas utama

"Seorang yang gila kerja menempatkan pekerjaan di atas segalanya," tutur Jovanovic.

Halaman:


Sumber theladders
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.