Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Bidik Talenta dari ITB

Kompas.com - 09/03/2019, 15:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menjaring talenta di sejumlah perguruan tinggi negeri di Tanah Air agar dapat berkarier di BUMN kelistrikan tersebut. Ini dikemas dalam bentuk employer branding.

I Made Suprateka, selaku Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN mengatakan, employer branding merupakan program untuk membantu bidang pengadaan pegawai atau rekrutmen melalui sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Salah satunya dilakukan langsung secara direct shopping, termasuk mengandalkan kekuatan PLN sebagai branding yang kuat sebagai karier masa depan dengan didukung talent scouting," ujar Made dalam pernyataannya, Sabtu (9/3/2019).

Baca juga: PLN Alirkan Listrik untuk Cold Storage Perikanan

Salah satu perguruan tinggi yang disasar untuk program employer branding yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Perseroan pun menggelar studium generale yang diikuti lebib dari 500 mahasiswa ITB.

Made berharap proses rekrutmen ini nantinya dapat memenuhi harapan perseroan dan anak-anak perusahaan untuk mendapatkan generasi milenial yang unggul dan meningkatkan minatnya berkarir di sana.

Sandro Mihradi, Kepala Lembaga Kemahasiswaan ITB mengatakan, ITB dengan PLN telah menjalin kerja sama sejak tahun 2008 dalam bentuk pendidikan program magister di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) dan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI).

Baca juga: PLN Bakal Terbitkan Obligasi Global 1,5 Miliar Dollar AS, Untuk Apa?

Tahun ini tercatat ada 10 orang mahasiswa kerma (kerja sama) PLN angkatan 2017 yang masih berkuliah di FTMD-ITB. Perjanjian kerjasama antara ITB dan PLN juga berlangsung di Fakultas Teknologi Industri (FTI) untuk pendidikan program studi magister logistik, angkatan ke-1, Tahun Akademik 2018/2019.

Tahun 2018, ITB juga telah bekerjasama dengan PLN dalam program Ekspedisi Papua Terang. Sebanyak 38 mahasiswa dan alumni muda ITB terlibat dalam survei di berbagai daerah di Papua, dengan tujuan mempercepat elektrifikasi pada daerah-daerah tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com