Agar Peluang Karier Terbuka, Jangan Lakukan Ini saat Masih Kuliah

Kompas.com - 10/03/2019, 06:49 WIB
Ilustrasi Mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi Mahasiswa

KOMPAS.com - Kebanyakan orang menilai kalau kuliah itu hanya untuk menuntut ilmu akademik saja. Padahal, masa kuliah bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal lain guna memperlebar peluang karier.

Karena pada dasarnya, menghadapi dunia kerja nantinya tidak hanya dipentingkan ilmu akademik semata, tapi juga pengetahuan dan pengalaman lainnya di luar bidang akademi.

Nah, agar banyak peluang karier ketika lulus kuliah nanti, jangan pernah lakukan kesalahan ini saat masih duduk di bangku kuliah seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Malu Membuka Obrolan

Hal yang wajar jika kamu malu membuka obrolan, terutama kepada orang yang baru pertama kali dilihat. Tapi, rasa malu harus dibuang jauh-jauh kalau kamu sudah sering melihat orang tersebut atau mungkin satu kelas dalam mata kuliah tertentu.

Tidak perlu banyak bicara, cukup menyapa saja agar orang di sampingmu memberi respons. Lanjutkan obrolan jika dia respons dengan baik agar kamu semakin mengenal orang tersebut.

Saat mengobrol, kamu bisa menanyakan satu atau dua hal, seperti hobi atau tempat tinggal. Kalau kebetulan kalian mempunyai hobi yang sama, sebaiknya atur waktu yang tepat agar kalian dapat menekuni hobi tersebut secara bersama-sama.

2. Setelah Kuliah Langsung Pulang

Tak sedikit mahasiswa yang menjadi “kupu-kupu” (kuliah-pulang) saat kuliah. Padahal, banyak kegiatan bermanfaat yang bisa diikuti di kampus, seperti organisasi atau kepanitiaan.

Organisasi menjadi cara paling efektif untuk membangun networking yang luas. Jumlah relasi yang terjalin akan semakin banyak apabila kamu berhasil memasuki dua atau tiga organisasi sekaligus.

Selain itu, organisasi akan menambah wawasan dan mempertajam skill kamu dalam bidang tertentu. Misalnya, membangun networking, public speaking, problem solving, dan melatih daya pikir yang lebih kritis.

3. Malas, Bahkan Tidak Ikut Magang

Program magang memang tidak wajib untuk beberapa fakultas. Jika fakultas kamu termasuk salah satunya, bukan berarti kamu bisa ongkang-ongkang kaki di rumah.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X