9 Konsep Keuangan yang Perlu Dipahami Sebelum Usia 30 Tahun

Kompas.com - 11/03/2019, 09:33 WIB
Ilustrasi eskaylim / ThinkstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bagi Anda yang sudah berusia 20-an tahun, sudah saatnya untuk mulai melek istilah-istilah yang berkaitan dengan keuangan.

Jika berkeinginan membangun kekayaan, maka ada beberapa konsep uang yang harus dipahami setiap orang sebelum berusia 30 tahun.

Bagi yang ingin menjadi investor, mereka harus pangan mengenai berbagai istilah seperti bunga majemuk, bearish dan bullish, atau diversifikasi.

Sementara bagi non investor juga harus memahami apa itu nilai bersih, bunga, dan inflasi.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, dengan menguasai beberapa konsep keuangan sebelum usia 30 tahun, maka Anda bisa memperbaiki kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan.

Baca juga: 4 Penyebab Kaum Milenial Stres, Keuangan Jadi Sumber Utama

Berikut 9 konsep keuangan yang harus dipahami, utamanya oleh milenial:

1. Kekayaan bersih

Perencana keuangan sekaligus pendiri Workable Wealth, Mary Beth Storjohann mengatakan, kekayaan bersih bisa menjadi tolak ukur kesehatan finansial seseorang.

"Kekayaan bersih juga dapat digunakan untuk mengukur seberapa jauh Anda datang dari waktu ke waktu," kata Storjohann.

Anda berada dalam performa yang baik jika kekayaan bersih Anda termasuk positif. Jika kekayaan bersih Anda negatif, nampaknya ada sejumlah urusan yang harus diselesaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X