INACA: Harga Avtur Tak Berpengaruh Langsung Terhadap Tiket Pesawat

Kompas.com - 11/03/2019, 13:02 WIB
Ilustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan TimurKOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Ilustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga tiket pesawat domestik yang naik beberapa minggu terakhir, membuat Indonesia National Air Carriers Association ( INACA) memberikan konfirmasi dalam laman resminya seperti dikutip Kompas.com, Senin (11/3/2019).

Menurut INACA, kenaikan harga avtur tidak secara langsung berdampak kepada harga tiket pesawat yang lebih mahal.

"Beban biaya operasional penerbangan lainnya seperti leasing pesawat, maintenance dan lain- lain memang menjadi lebih tinggi di tengah meningkatnya nilai tukar dollar AS," tulis keterangan resmi tersebut seperti dikutip Kompas.com, Senin (11/3/2019).

Baca juga: Menteri BUMN: Turunnya Harga Avtur Tak Pengaruhi Laba Pertamina

INACA mengkonfirmasi hal ini karena pihaknya pernah menyebutkan harga tiket pesawat yang mahal karena pengaruh harga avtur. INACA memastikan, pihaknya tidak menyudutkan pihak manapun terkait pemberitaan yang beredar.

"INACA memastikan bahwa pihaknya tidak pernah bermaksud untuk menyudutkan pihak pihak tertentu sehubungan dengan harga tiket mahal dengan harga avtur," lanjut keterangan tersebut.

INACA mengonfirmasi, keterangan yang pihaknya sampaikan tersebut sepenuhnya bertujuan untuk memberikan edukasi dan penjelasan terhadap masyarakat atas kondisi perkembangan industri penerbangan nasional dewasa ini.

Baca juga: Soal Pemain Baru di Bisnis Avtur, Ini Komentar Dirut Pertamina

Ketua umum INACA, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra juga menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pihak melalui keterangan tersebut.

"Mewakili seluruh anggota INACA, kami mohon maaf bila ada statemen dari INACA, atau anggota INACA lainnya yang menyampaikan tentang peningkatan harga tiket, dan dikaitkan dengan harga avtur sehingga hal tersebut menjadi polemik," ucap Ari, panggilan akrabnya.

Selain itu, INACA juga berkomitmen akan terus menjaga hubungan baik dengan semua pihak, baik relasi bisnis maupun relasi non bisnis.

"INACA akan terus membangun hubungan yang konstruktif dengan seluruh stakeholder untuk kesinambungan bisnis penerbangan dan untuk terus melayani masyarakat yang akan bepergian dengan pesawat terbang," tulis keterangan tersebut.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X