Tahun Ini, Mandiri Syariah Fokus Pengembangan Digital Banking

Kompas.com - 11/03/2019, 14:23 WIB
Jajaran direksi PT Bank Syariah Mandiri atau Mandiri Syariah dalam paparan kinerja 2018 di Wisma Mandiri, Jakarta, Senin (11/3/2019). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAJajaran direksi PT Bank Syariah Mandiri atau Mandiri Syariah dalam paparan kinerja 2018 di Wisma Mandiri, Jakarta, Senin (11/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Mandiri atau Mandiri Syariah akan fokus pada pengembangan digital banking pada 2019. Untuk alokasi Capex atau belanja digital dan IT saja akan digelontokan sebesar Rp 270 miliar. Sementara pada tahun lalu, Capex untuk digital dan IT sebesar Rp 190 miliar.

"2019 ini difokuskan mengembangkan digital banking dengan channel yang ada," ujar Direktur Technology & Operation Bank Syariah Mandiri Achmad Syafii di Wisma Mandiri, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Diketahui, penggunaan mobile banking berkontribusi dalam pertumbuhan profit Mandiri Syariah tahun 2018 sebesar 20 persen. Adapun layanan perbankan digital Mandiri Syariah selain aplikasi mobile banking, yakni rekening online dan layanan asisten interaktif Aisyah.

"Sampai akhir 2018, transaksi melalui e-channel mencapai 80,76 juta transaksi atau tumbuh 8,15 persen dari tahun sebelumnya," kata Syafii.

Sementara itu, fitur yang saat ini tengah dikembangkan adalah QR Pay serta layanan crowdfunding. Mandiri Syariah juga menghadirkan fitur wakaf digital melalui mobile banking dan web khusus, selain fitur pembayaran zakat yang sudah tersedia di mesin ATM dan mobile.

Adapun jumlah rekening nasabah per Desember 2018 adalah 7,99 juta rekening dengan tambahan 759.000 rekening baru pada 2018.

Mandiri Syariah juga mencatatkan capaian penggunaan kartu berlogo GPN sebesar 819.489 lembar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Konversinya sudah melebihi target BI untuk GPN. Nasabah dengan kartu chip tersebut transaksinya bisa diterima seluruh ATM dan merchant yang ada EDC," kata Syafii.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.