Tak Bisa Menabung Gara-gara Gaji Kecil? Pahami Faktor Utama Ini

Kompas.com - 11/03/2019, 18:04 WIB
Ilustrasi simpanan THINKSTOCKSIlustrasi simpanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaji yang kecil sering jadi alasan seseorang tak bisa menabung. Akibatnya, ia tidak memiliki dana yang cukup untuk masa depannya.

Namun, sebenarnya Anda tetap bisa menabung walau penghasilan kecil. Sebab, faktor utama untuk menabung ada pada kemahiran mengatur keuangan.

Perencana keuangan Imelda Tarigan mengatakan, sejatinya seseorang tidak akan merasa cukup berapapun besar gajinya, sehingga tidak mau berinvestasi dengan menabung. Kendati demikian, persoalan ada pada kemampuan mengatur keuangan, baik pengeluaran dan pemasukan.

Baca juga: Masih Perlukah Kita Menabung?

"Penghasilan itu enggak akan cukup, siapapun. Kalau ada orang yang merasa gajinya besar dan merasa cukup, itu enggak akan ada yang namanya koruptor. Jadi orang itu, sifat memang merasa selalu enggak cukup," kata Imelda kepada Kompas.com, Senin (11/3/2019).

"Jadi untuk menanganinya adalah harus pintar mengelola keuangan," ujarnya.

Menurut Imelda, cara yang paling tepat dan baik untuk supaya bisa menabung adalah mengatur mengelola keuangan. Ini merupakan hal yang paling dasar supaya bisa merencakan program menabung tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ingin Menabung dengan Mudah? Simak Tips Ini

Jika tidak juga bisa, harus ada cara lain kalau memang dari sisi besaran gaji tidak memungkinkan disisihkan karena banyaknya kebutuhan sehari-hari.

"Jadi memulainya dengan mengelola pengeluaran, tetapi setelah (dilakukan) paling basic pun susah gitu, itu berarti harus ada penghasilan tambahan. Simple mengelola pengeluaran atau mencari penghasilan tambahan," tuturnya.

Dia menambahkan, hingga kini tidak ada formula baku berapa persen besaran uang yang harus ditabung dari penghasilan bulanan. Pasalnya, itu bergantung pada tujuan yang akan dicapai dari rangkaian aktivitas menabung yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Menabung di Bank Tak Cukup Untuk Jadi Persiapan Pensiun

Sehingga tidak perlu khawatir dan bimbang berapa besaran uang yang harus ditabung setiap bulannya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.