Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Agro Perluas Jangkauan Produk Pinjaman Berbasis Aplikasi di Batam

Kompas.com - 11/03/2019, 20:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - BRI Agro meluncurkan pinjaman mikro berbasis aplikasi yang dinamakan Pinang atau Pinjaman Tenang beberapa waktu lalu. Produk ini pun diperkenalkan ke sejumlah daerah, salah satunya ke Batam, Kepulauan Riau.

Untuk memperluas penggunaan Pinang, BRI Agro menjangkau perusahaan-perusahaan nasabah BRI untuk memanfaatkan pinjaman ini bagi para pekerja dasar. Terkait hal ini, BRI Agro dengan enam perusahaan yang berdomisili di Batam untuk menggunakan aplikasi Pinang, yaitu Tribun Batam, PT Citra Marine, Bea Cukai Batam, Lion Air Batam, STT Ibnu Sina dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batam.

“Aplikasi Pinang sudah fully digital, dengan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature," kata Direktur Utama BRI Agro Agus Noorsanto dalam pernyataannya, Senin (11/3/2019).

Baca juga: Sasar Pekerja, BRI Agro Luncurkan Pinjaman Berbasis Aplikasi

Pinang menawarkan proses pengajuan sampai pencairan kurang dari 10 menit, dengan tenor yang fleksibel antara 1-12 bulan. Pengajuan dapat dilakukan tanpa harus ke bank dan tanpa tatap muka secara langsung.

Plafon maksimum adalah Rp 20 juta dengan bunga yang terendah dibandingkan dengan produk fintech lainnya.

“Produk Pinang saat ini dipasarkan bagi pekerja dasar atau blue collar yang memiliki payroll di Bank BRI atau di BRI Agro dan perusahaannya sudah melakukan kerja sama penyaluran kredit Pinang," jelas Agus.

Baca juga: BRI Agro Berencana Akuisisi 2 Bank, Siapkan Rp 1 Triliun

Untuk tahun 2019, BRI Agro menargetkan penyaluran pinjaman Pinang mencapai Rp 375 miliar. Adapun jumlah peminjam dibidik mencapai 75.000 orang.

Pada tahun 2020, penyaluran pinjaman Pinang ditargetkan mencapai Rp 600 miliar dengan jumlah peminjam mencapai 120.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com