Jokowi Minta Mendag Bangun Ekosistem Online di Pasar Rakyat

Kompas.com - 12/03/2019, 16:58 WIB
Presiden Republik Indonesia, dalam pembukaan rapat kerja Menteri Perdagangan, Selasa (12/3/2019) KOMPAS.com/Fika Nurul UlyaPresiden Republik Indonesia, dalam pembukaan rapat kerja Menteri Perdagangan, Selasa (12/3/2019)

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, meminta Menteri Perdagangan untuk membangun ekosistem dalam jaringan (online) di pasar rakyat dalam rapat kerjanya.

"Saya minta Mendag mulai membangun ekosistem online sehingga pasar rakyat memiliki matket place dan platform untuk menyiapkan diri menuju era digital," kata Presiden Joko Widodo, Selasa (12/3/2019).

Pembangunan ekosistem online tersebut didasarkan karena telah masuknya era digital 4.0 di Indonesia. Sehingga, Indonesia harus siap menerima perkembangan tersebut.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar Mendag membangun ekosistem offline. Permintaan tersebut berdasarkan banyak pedagang yang mengeluh karena kalahnya persaingan dagang dengan pedagang online.

"Sekali lagi saya ingatkan, siapkan yang namanya ekosistem online dan siapkan ekosistem offline-nya," kata Jokowi.

Jokowi mencontohkan, di China telah banyaknya mall yang tutup karena kalahnya persaingan dengan pedagang online. Hal ini membuat khawatir banyak kalangan.

Pembangunan ekosistem online dan offline di pasar rakyat, bisa dilakukan dengan memperbaiki kemasan. Menurutnya, kemasan sangat penting agar produk-produk dalam negeri terjaga kebersihannya.

Jokowi juga meminta kerjasama para bupati dan walikota untuk menganggarkan mesin cetak kemasan di dalam anggaran APBD yang nantinya akan disebarkan ke pasar rakyat.

Selain perbaikan kemasan, branding dan labelling meliputi pemilihan warna dan tulisan juga perlu dilakukan. Tujuannya agar barang di pasaran telihat rapih dan bisa diedarkan 24 jam dalam sistem online.

Program tersebut harus dilaksanakan bersama agar menjadi sebuah kekuatan besar untuk negara dan menghasilkan omzet penjualan yang meningkat sehingga perekonomian Indonesia terus maju.

"Kalau semua sudah rapih, kita bisa menuju pasar global dan meningkatkan ekspor," ucap Jokowi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X