Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Bisa Larang Boeing 737 Max 8 Melintas Seperti Singapura

Kompas.com - 13/03/2019, 05:18 WIB
Yoga Sukmana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Indonesia tak menutup kemungkian mengambil kebijakan layaknya Singapura terkait pesawat Boeing 737 Max 8.

Seperti diketahui Otoritas penerbangan Singapura (CAAS), memutuskan melarang semua varian Boeing 737 MAX melintasi wilayah udaranya menyusul tragedi yang menimpa Ethiopian Airlines.

"Ya kalau dia (Singapura) bisa melarang, kenapa kita enggak bisa?," ujarnya di Hotel Shangri-la, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Meski begitu, Luhut mengatakan hal itu kemungkian tidak akan dilakukan dalam waktu dekat lantaran saat ini pemerintah sedang melakukan evaluasi secara cermat terkait Boeing 737 Max 8.

Luhut mengatakan evaluasi pesawat tersebut harus cermat dan tidak boleh terburu-buru lantaran ini terkait menyangkut keamanan dan keselamatan penumpang pesawat.

Pemerintah kata dia terus melalukan komunikasi secara aktif dengan Boeing dan otoritas penerbangan federal AS (FAA).

"Ya nanti kita lihat, kan ada 11 pesawat yang akan dilakukan inspeksi. Kita liat nanti," ucap dia.

"Kalau ternyata negara lain menemukan sesuatu saya kira kami enggak mau ambil risiko pesawat kita crash lagi gara-gara masalah design atau apa," sambung dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com