Dua Tahun Rugi, Akhirnya Cathay Pacific Catat Laba Bersih

Kompas.com - 13/03/2019, 12:26 WIB
Cathay Pacific. MirrorCathay Pacific.

SINGAPURA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Hong Kong Cathay Pacific Airways Ltd melaporkan laba bersih sebesar 2,35 miliar dollar Hong Kong atau 299,37 juta dollar AS pada 2018. Laba ini dicatat Cathay Pacific setelah menderita kerugian selama dua tahun.

Dikutip dari Reuters, Rabu (13/3/2019), Cathay Pacific diuntungkan dengan kenaikan tarif angkutan udara dan rencana perbaikan bisnis yang dirancang untuk menekan biaya dan mendorong pendapatan.

Namun demikian, pihak Cathay Pacific menyatakan outlook untuk tahun 2019 diprediksi masih menantang. Ini disebabkan ketegangan geopolitik dan perdagangan global yang berpengaruh pada jumlah penumpang.

Baca juga: Terbesar dalam 9 Tahun, Cathay Pacific Catat Kerugian Rp 2,1 Triliun

Cathay Pacific juga menyoroti tantangan pada permintaan penerbangan kargo dan sengitnya persaingan, khususnya pada kelas ekonomi di rute-rute jarak jauh.

Cathay Pacific juga mengumumkan pendapatan sebesar 111 miliar dollar Hong Kong pada tahun 2018. Angka ini naik 14,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, ditopang bisnis penerbangan komersial dan kargo.

Baca juga: Pertama dalam 70 Tahun, Pramugari Cathay Pacific Boleh Kenakan Celana Panjang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun ini, Cathay Pacific berencana untuk bersaing dengan keras. Menurut pimpinan Cathay Pacific John Slosar, caranya dengan memperpanjang jaringan rute ke destinasi-destinasi yang saat ini belum dilayani dari Hong Kong, meningkatkan frekuensi penerbangan di rute-rute populer, dan mengoperasikan pesawat yang lebih hemat bahan bakar.

Meski laba dan pendapatan cemerlang, namun Cathay Pacific melaporkan penurunan lalu lintas penerbangan kargo sebesar 5,2 persen pada tahun 2018. Ini disebabkan pengiriman sebelum Tahun Baru Imlek tidak sebesar pada tahun sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.