Agar Startup Dilirik Perusahaan Modal Ventura, Ini Syaratnya

Kompas.com - 13/03/2019, 16:35 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan atau startup, terutama yang bergerak di bidang digital terus menjamur di dalam negeri. Banyak pihak yang terus mencari peluang untuk bisa memanfaat kan tren start up yang terus bergnati.

Tren jenis startup digital di Indonesia pun terus berubah, mulai dari e-commerce hingga saat ini fintech peer to peer lending.

Tren pendanaan atau investasi pun turut mengikuti perkembangan tren startup ini. Saat ini, pendanaan untuk pengembangan sebuah usaha tidak hanya berasal dari perbankan, tetapi juga dari perusahaan modal ventura yang berani melakukan pendanaan atau investasi di perusahaan-perusahaan berisiko tinggi seperti startup.

Baca juga: Kenapa Banyak Startup yang Gagal?

Di dalam negeri pun mulai bermunculan berbagai perusahaan modal ventura baik perusahaan modal ventura yang tumbuh di dalam negeri, maupun perusahaan modal ventura dari luar negeri yang melirik start up lokal.

Lalu, bagaimana caranya agar sebuah perusahaan rintisan bisa dilirik sehingga bisa mendapatkan pendanaan dari sebuah perusahaan modal ventura?

Kemampuan pendiri startup

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Partner of Patamar Capital, sebuah perusahaan modal Ventura yang berbasis di San Francisco, AS Dondi Hananto mengatakan, hal pertama yang menjadi perhatian perusahaan modal ventura sebelum memutuskan untuk mengucurkan dana adalah kemampuan pendiri startup dalam menjalankan bisnisnya.

Kemampuan dan pemahaman seorang pendiri startup akan menjadi kunci keberlangsungan dari bisnis yang akan dijalankan sehingga modal yang dikucurkan oleh perusahaan modal ventura tidak akan sia-sia.

"Si pendirinya itu kita bisa yakin atau enggak, dia punya kemampuan di bisnis ini," ujar Dondi.

Baca juga: Dua Startup Berpotensi Jadi Unicorn Berikutnya, Siapa Saja?

Nilai tambah yang menjadi perhatian khusus perusahaan modal ventura terhadap kemampuan seorang pendiri startup dalam menjalankan bisnis adalah, pendiri tersebut harus ulet dan bisa menerima kegagalan. Selain itu, pendiri startup juga harus memiliki kemampuan untuk memproyeksi kelanjutan bisnisnya jika menghadapi situasi-situasi kritis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.