Ke Pangkalpinang, Jokowi Resmikan Bandara dan KEK Tanjung Kelayang

Kompas.com - 14/03/2019, 05:42 WIB
Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang.KOMPAS.com/HERU DAHNUR Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (14/3/2019).

Selama di Bangka Belitung, Presiden akan melakukan serangkaian kegiatan. Dari informasi yang dihimpun Kompas.com, Jokowi direncankan akan meresmikan Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang, Kamis (14/3/2019).

Terminal Baru Depati Amir

Setelah dua tahun beroperasi, terminal baru Depati Amir Pangkalpinang baru akan diresmikan oleh Jokowi.

Terminal baru Depati Amir ini sudah dioperasionalkan pada Januari 2017 lalu. Bahkan, sebelumnya sudah ada acara soft launching operasionalnya. Sehingga bisa difungsikan dan dinikmati publik pengguna jasa transportasi udara.

Bandara Depati Amir dikenal juga naman Bandara Pangkal Pinang, karena letaknya berada di Kota Pangkal. Bandara ini dikelola oleh PT. Angkasa Pura II sejak Januari 2007 silam.

KEK Tanjung Kelayang

KEK Tanjung Kelayang merupakan salah satu destinasi dari sepuluh pariwisata prioritas yang dipilih pemerintah. Karena KEK Tanjung Kelayang memiliki objek wisata bahari dengan pantai berpasir putih dan panorama yang eksotis.

Mengutip dari laman Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (kek.go.id), pada master plan-nya, KEK Tanjung Kelayang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016 dan berlokasi di Pulau Belitung.

Wilayah yang ditetapkan sebagai KEK Pariwisata ini memiliki keunggulan geostrategis, yaitu terletak antara Indonesia dan negara Asean yang merupakan target captive market. 

Pantai yang dihiasi batuan granit raksasa merupakan ciri khas dari pantai di kawasan ini. Kawasan ini berdekatan dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang juga memiliki pesonanya tersendiri.

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya berada di Kecamatan Sijuk yang hanya berjarak sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan yang merupakan ibu kota Kabupaten Belitung.




Close Ads X