Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembayaran Tiket KA Lokal via LinkAja Bermasalah, Ini Saran KAI

Kompas.com - 14/03/2019, 12:25 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa masyarakat di media sosial Twitter mengeluhkan lambatnya pembayaran tiket kereta api (KA) lokal yang dipesan melalui aplikasi KAI Access.

Seperti diketahui, saat ini seluruh pembelian tiket KA lokal dapat dipesan secara online. Sehingga, masyarakat dimudahkan dengan tidak perlu lagi mengantre di loket stasiun.

Keluhan tersebut disampaikan dengan me-mention akun resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI), @KAI121.

Berikut beberapa di antaranya:

Keluhan lambatnya pembayaran KA lokal di KAI AccessTwitter Keluhan lambatnya pembayaran KA lokal di KAI Access

"@KAI121 selamat pagi, dr kemarin sy memesan kai lokal lewat aplikasi. Setelah melakukan pembayaran ada tulisan pembayaran diproses. Seperti foto yang saya kirim. Sy tunggu beberapa lama, tp tiba2 pemesanan tiket sy hilang (tidak muncul di my trips). Kiranya ada solusi? Makasih min," tulis akun @anitaaratnaa.

Akun @hadysant mengunggah beberapa twit, salah satu di antaranya status tertulis proses sejak beberapa waktu lalu.

"Tapi sdh dari pagi coba status diproses terus min," tulisnya.

"Yth. admin @KAI121 kenapa ya proses pembelian tiket kereta lokal pembayaran lewat link aja lewat app kai access lama proses nya? Itu dari td mlm ndak bisa terus," tulis akun @T_Armoko.

Baca juga: 29 Tiket KA Lokal Dapat Dipesan Melalui KAI Access, Ini Daftarnya

Kepala Humas PT KAI Agus Komarudin menyampaikan, pembayaran pembelian tiket memang mengalami gangguan sejak Rabu (13/3/2019) pukul 11.00 WIB.

"Bagi penumpang yang gagal melakukan transaksi maka saldo LinkAja miliknya tidak akan terpotong. Namun bagi yang gagal transaksi tapi terpotong saldonya, maka akan secara otomatis dikembalikan oleh sistem," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (14/3/2019).

Agus menyampaikan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan LinkAja. Seperti diketahui, pembayaran pemesanan tiket KA lokal secara online hanya dapat dilakukan dengan LinkAja.

Jika terdapat pesan "On Process" saat melakukan pembayaran, lanjut Agus, masyarakat dapat menunggu kurang lebih selama 5 menit.

"Karena proses komunikasi antara sistem ticketing KAI dan sistem pembayaran sedang berlangsung," ujar dia.

Apabila pemesanan berhasil dalam waktu lima menit, calon penumpang akan mendapatkan e-ticket KA lokal. Namun, apabila gagal, proses transaksi tidak akan berlangsung dan saldo LinkAja tidak akan terpotong.

"Jika calon penumpang tetap ingin membeli tiket KA Lokal tersebut, untuk sementara waktu transaksi dapat dilakukan di loket stasiun secara manual," ujar Agus.

"KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami sedang berupaya semaksimal mungkin agar sistem pembayaran tiket KA Lokal di KAI Access bisa berjalan normal kembali," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com