Pertanyaan Unik Ini Selalu Diajukan Pimpinan Disney ke Pelamar Kerja

Kompas.com - 14/03/2019, 12:44 WIB
Ilustrasiakillitelefon.com Ilustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Ribuan pelamar selalu ingin bekerja di Disney, yang karakter-karakternya dicintai banyak orang dari beragam usia. Mereka pun tak ragu melakukan apapun agar tampil menjadi kandidat terbaik untuk bekerja di Disney.

Nah, bagaimana sebenarnya proses wawancara kerja di Disney?

Dilansir dari Popsugar, Kamis (14/3/2019), salah seorang eksekutif Disney menyatakan, sebenarnya ada sebuah pertanyaan unik yang dapat menunjukkan kandidat itu adalah sosok terbaik untuk bekerja di Disney.

Baca juga: 2018, Pendapatan Disney dari Box Office Tembus 7,3 Miliar Dollar AS

Apa pertanyaan yang dimaksud?

"Paparkan sebuah cerita pada saya," begitu kira-kira pertanyaan unik tersebut.

Menurut pimpinan Walt Disney International Andy Bird menuturkan, mempertimbangkan apakah seorang kandidat akan menjadi sosok yang sesuai dengan budaya Disney sebenarnya bergantung pada bagaimana mereka mempresentasikan dan menginterpretasikan cerita mereka sendiri.

"Ceritakan pada kami tentang sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda. Ini penting karena kami adalah sekumpulan pendongeng," sebut Bird.

Baca juga: Rayakan Reformasi Pajak, 125.000 Pegawai Disney Dapat Bonus Rp 13,4 Juta

Ia mengaku selalu mengajukan pertanyaan itu kepada kandidat saat wawancara kerja. Meski pertanyaan ini tampak sangat penting bagi para kandidat untuk bekerja di bidang kreatif, namun pertanyaan ini sebenarnya bisa diimplementasikan kepada kandidat di semua departemen.

"Semua orang memiliki kemampuan untuk dapat kreatif bila mereka diberi kesempatan untuk itu. Kreativitas bukan hanya untuk pembuat film, tapi bisa untuk siapa saja. Beberapa ide terbaik malah datang dari departemen keuangan," ujar Bird.

Ia mengungkapkan, dengan mendengarkan cerita kandidat, ia berharap dapat menggali lebih dalam untuk mempertimbangkan apakah kandidat memiliki nilai yang sama dengan Disney. Hal ini baginya sangat penting.



Close Ads X