Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ikut Angkutan Motor Gratis Via Kereta Api?

Kompas.com - 14/03/2019, 18:03 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan motor sudah mendaftar untuk mengikuti program Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan moda Kereta Api yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Pendaftaran program ini sendiri sudah dibuka sejak 12 Maret 2019.

"Hingga tadi kuota yang sudah terisi sebanyak 6.300 motor. 30 persen dari keseluruhan kuota yang disediakan," ujar Direktur Lalu Lintas Kereta Api Kemenhub, Zulmafendi di kantornya, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Lintas pelayanan motis tahun ini terbagi menjadi tiga wilayah, yakni Lintas Utara, Lintas Selatan I dan Lintas Selatan II.

Baca juga: Angkutan Lebaran, AP II Gratiskan Tarif Pendaratan Pesawat Extra Flight

Adapun kuota untuk mudik Lintas Utara yang telah terisi sebanyak 239 motor, Lintas Selatan I 1.324 motor dan Lintas Selatan II 1.387. Sementara untuk kuota arus balik Lintas Utara yang telah terisi sebanyak 456 motor, Lintas Selatan I 2.744 motor dan Lintas Selatan II 2.720 motor.

"Dalam sehari kita bisa diangkut 1.392 motor di tiga lintasan," kata Zulmafendi.

Peserta motis dapat mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan dapat juga mendaftar langsung di stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

Selain itu untuk peserta motis yang mendaftar melalui layanan motis contraflow/dari daerah, pendaftaran dimulai dari tanggal 28 April hingga 12 Juni 2019.

Beberapa stasiun yang telah menerima pendaftaran motis secara langsung, yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang dan Kiara Condong. Sedangkan untuk Stasiun Depok Baru dan Tangerang segera menyusul untuk menerima peserta pendaftaran motis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com