Tips Jitu Hilangkan Panik dan Cemas di Kantor

Kompas.com - 16/03/2019, 14:28 WIB
ilustrasiDragonImages ilustrasi

KOMPAS.com - Kehidupan di kantor memang menarik untuk dibahas, mengingat kita menghabiskan separuh dari waktu yang dimiliki untuk bekerja dan mengabiskannya di lingkungan kerja.

Namun sayangnya saat berada di kantor, tak sedikit yang mengalami cemas dan rasa takut lantaran menghadapi berbagai masalah. Mulai dari ketidakmampuan menghadapinya, hingga pekerjaan yang dikerjakan terkadang tidak sesuai dengan keinginan atasan.

Selain itu, kecemasan juga dapat ditimbulkan dari eksternal, seperti saat orang lain memberikan pengaruh terhadap diri Anda dan memberikan sebuah persepsi tertentu. Rasa cemas tersebut pada akhirnya akan memengaruhi tingkat stres Anda, sehingga membuat Anda menjadi kurang produktif.

Baca juga: Merasa Tertekan di Tempat Kerja? Cobalah Belajar Hal Baru

Lalu, apa yang harus dilakukan? Berikut ini cara jitu menghilangkan panik dan cemas di kantor seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ke luar sejenak untuk mencari udara segar

Saat punya waktu istirahat, cobalah mulai dari sekarang memanfaatkannya dengan baik untuk merilekskan pikiran yang penat. Anda dapat pergi ke luar kantor sejenak guna mencari udara segar akan membantu menenangkan diri.

Dari pada hanya berdiam diri di meja kerja sambil memandang tumpukan berkas dan komputer, lebih baik ke luar ruangan dan menikmati pemandangan hijau di sekeliling kantor. Tentu saja, hal ini sangat baik untuk meredam tingkat stres.

Sehingga saat kembali lagi ke meja kerja, Anda pun menjadi lebih produktif. Karena otak juga telah mendapatkan oksigen yang mencukupi.

2. Tarik nafas dalam-dalam dari hidung dan keluarkan lewat mulut perlahan

Salah satu hal paling mudah untuk melepas stres yang Anda alami adalah dengan menarik napas panjang dari hidung lalu mengeluarkannya perlahan melalui mulut.

Hal itu didukung oleh pendapat psikolog bernama Marla Deibler dari The Center for Emotional of Greater di Philadelphia yang menyatakan bahwa bernapas dengan diafragma dapat membantu Anda menjadi lebih rileks.

Cobalah untuk berlatih pernapasan, maka secara langsung dapat Anda rasakan perbedaannya. Caranya adalah dengan menarik napas secara perlahan dan dalam selama 4 detik, rasakan aliran oksigen dari perut hingga melewati dada. Lalu buang secara perlahan dalam tempo yang sama.

Baca juga: 13 Cara Supaya Tetap Bahagia di Tempat Kerja

3.  Perbanyak minum air putih, hindari kopi

Halaman:



Close Ads X