3 Konglomerat Media Online Dominasi Populasi Digital Indonesia

Kompas.com - 16/03/2019, 20:19 WIB
Ilustrasi Internet istIlustrasi Internet

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak tiga konglomerat media online mendominasi populasi digital di Indonesia.

Demikian studi mengenai industri kabar berita online di Indonesia untuk periode Januari 2019 yang dirilis oleh ilmuOne Data.

Studi ini mencakup data peringkat, monopoli market, pertumbuhan dan intensitas interaksi atau keterlibatan pengunjung setiap media yang dapat dikategorikan sebagai media kabar berita online.

Hasi studi ini menunjukkan, Kompas Gramedia menjadi konglomerat berita online terbesar dengan total unique visitors (TUV) mencapai 38,8 juta. Kemudian berturut-turut diikuti KLY Kapanlagi Youniverse 26,7 juta dan Trans Media 23, 8 juta.

Baca juga: Bangun Perpustakaan Digital, BCA Gandeng Kompas Gramedia

"Gabungan TUV ketiga konglomerat ini memonopoli 50 persen populasi digital di Indonesia. Dalam kata lain, 1 dari 2 penduduk Indonesia mengunjungi setidaknya satu kali salah satu dari media berita milik Kompas Gramedia, KLY atau Trans Media pada bulan Januari 2019 lalu," sebut ilmuOne Data dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (16/3/2019).

Kontribusi TUV terbesar Kompas Gramedia datang dari Tribunnews.com, Kompas.com, dan Grid.id. Kemudian untuk KLY adalah Liputan6.com, Kapanlagi.com dan Merdeka.com. SedangkanTrans Media datang dari Detik.com, CNNIndonesia.com, dan CNBCIndonesia.com.

Sumber data sendiri diambil dari Comscore, sebuah analytics software dengan lebih dari 100 juta populasi digital yang dapat memberikan marketing insights untuk media-media di berbagai industri.




25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X