10 Cara Ini Bikin Anda Tanpa Sadar Berhemat

Kompas.com - 17/03/2019, 08:00 WIB
Menabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara.Dok. HaloMoney.co.id Menabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara.

KOMPAS.com - Berhemat bagi sebagian orang menjadi tantangan. Ada banyak alasan seseorang kesulitan berhemat, mulai dari penghasilan yang terbilang kecil, kebiasaan belanja yang susah direm, hingga beragam tagihan maupun cicilan yang harus dibayar tiap bulan.

Meskipun demikian, ada banyak cara sederhana yang membuat Anda tanpa sadar sebenarnya sudah berhemat. Dilansir dari Cosmopolitan UK, Minggu (17/3/2019), berikut 10 cara tersebut.

1. Jadwalkan belanja

Ilustrasi belanja buahJupiterimages Ilustrasi belanja buah

Bangun rutinitas belanja mingguan atau bulanan ketimbang belanja ketika perlu sesuatu atau kapanpun yang Anda mau. Rutinitas tersebut membuat kebiasaan belanja Anda lebih terarah dan hemat.

2. Simpan makanan

Anda bisa memasak hidangan favorit Anda dengan porsi yang lebih banyak lalu bekukan di lemari es, sehingga Anda bisa memanaskannya di lain hari. Mengapa harus membeli makanan siap saji jika Anda bisa memasak sendiri?

3. Otomasi tabungan

Ilustrasi simpananTHINKSTOCKS Ilustrasi simpanan

Hindari kebiasaan menabung sisa uang di akhir bulan. Atur otomasi atau autodebet dari rekening Anda untuk tabungan ketika Anda gajian, sehingga uang Anda secara otomatis langsung ditabung.

4. Bandingkan harga

Jangan ragu untuk membandingkan harga sebelum membeli sebuah produk untuk memastikan Anda memperoleh harga terbaik. Saat ini ada beragam situs atau aplikasi perbandingan harga yang bisa Anda manfaatkan.

5. Manfaatkan e-commerce

Gunakan e-commerce dengan bijak, khususnya untuk memperoleh harga terbaik atas sebuah produk. Anda pun bisa menjual barang-barang yang sudah tak terpakai namun dalam kondisi masih bagus lewat e-commerce untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X