Sandiaga Sebut UMKM Solusi Penciptaan Lapangan Kerja

Kompas.com - 17/03/2019, 22:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno meyakini sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai solusi penciptaan lapangan kerja di dalam negeri.

Pasalnya, kontribusi UMKM terhadap keseluruhan jumlah unit usaha di Indonesia mencapai 99,9 persen. Namun, sebanyak 55 juta UMKM belum mendapatkan keberpihakan.

"Padahal 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh UMKM," ujar Sandiaga dalam debat cawapres di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Baca juga: Masih Ada Kekurangan Pembiayaan UMKM hingga Rp 1.000 Triliun

Selain UMKM, industri berbasis pengolahan juga menjadi salah satu solusi yang perlu digenjot kinerjanya agar bisa meningkatkan lapangan pekerjaan.

"Jika kita mau berpihak pada penciptaan lapangan kerja melalui UMKM, 97 persen penciptaan lapangan kerja dan 60 persen PDB kita disubang oleh UMKM," ujar dia.

Baca juga: Pelaku UMKM, Ini Cara Bangun Brand yang Kuat

Sandi pun mengatakan akan membawa program Oke Oce yang telah menjadi salah satu program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjadi salah satu cara meningkatkan kontribusi UMKM dalam peningkatan lapangan kerja.

"Program Oke Oce yang kami dorong berpihak pada UMKM karena mereka akan diberi pelatihan, pendampingan, bantuan pemasaran, kemudahan perizinan, akses keuangan baik administrasi maupun permodalan," ujar Sandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.