Ini 10 Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 18/03/2019, 05:39 WIB
Sebuah penggambaran Mansa Musa, penguasa Kekaisaran Mali yang dimuat dalam Peta Dunia Catalan 1375 yang dibuat Abraham Cresques de Mallorca. Dalam lukisan ini Mansa Musa digambarkan memegang bongkahan emas dan mahkota bergaya Eropa.
WikipediaSebuah penggambaran Mansa Musa, penguasa Kekaisaran Mali yang dimuat dalam Peta Dunia Catalan 1375 yang dibuat Abraham Cresques de Mallorca. Dalam lukisan ini Mansa Musa digambarkan memegang bongkahan emas dan mahkota bergaya Eropa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mansa Musa dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia yang sepanjang sejarah. Kekayaan penguasa Afrika Barat abad ke-14 itu ditaksir Celebrity Net Worth mencapai 400 miliar dollar AS,atau sekitar Rp 5.720 triliun.

Angka itu hampir tiga kali lipat kekayaan orang terkaya di dunia saat ini,  Jeff Bezos. Pendiri Amazon ini "hanya" mempunyai 131 miliar dollar AS sekitar Rp 1.873,3 triliun. Dengan jumlah kekayaan sebesar ini, Bezos ternyata belum masuk dalam daftar 10 orang terkaya sepanjang sejarah.

Selain Musa, terdapat beberapa miliarder yang juga masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia sepanjang masa.

Baca juga: Kisah Mansa Musa, Orang Paling Kaya Sepanjang Masa

Berikut 10 orang terkaya di dunia sepanjang sejarah seperti dilansir BBC, pekan lalu.

1. Mansa Musa (1280-1337)

Mansa Musa merupakan seorang pewaris kekaisaran Mali yang memiliki 2.000 mil tanah. Dalam tanah tersebut, terdapat emas dan garam. Dalam sejarah, Mansa Musa sempat menjadikan Ekonomi Timur Tengah anjlok selama 10 tahun karena ia membagikan emasnya di Kairo selama ia singgah 3 bulan di sana.

Sejarawan sepakat, kekayaan Mansa Musa tidak bisa dihitung.

2. Kaisar Augustus (63 SM-14 M)

Augustus adalah kaisar Romawi pertama yang paling berpengaruh. Ia mengakhiri perang saudara berkepanjangan dan menciptakan kedamaian, kesejahteraan, dan kemegahan di Kekaisaran Romawi, yang dikenal dengan sebutan Pax Romana atau kedamaian Romawi.

Sama seperti Mansa Musa, besaran kekayaannya tidak bisa dihitung.

3. Zhao Xu (1048-1085)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X