MRT Jakarta Bakal Sediakan Gerbong Khusus Wanita Saat Jam Sibuk

Kompas.com - 18/03/2019, 16:00 WIB
Kereta MRT saat diuji coba di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018). KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAKereta MRT saat diuji coba di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan  (Menhub) Budi Karya Sumardi memastikan, MRT Jakarta akan menyediakan gerbong khusus wanita.

Hal itu ia sampaikan usai mendampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri dari menteri-menteri Kabinet Kerja yang melakukan uji coba MRT.

"Ya, Ibu (Iriana) tadi bertanya khususnya berkaitan dengan kereta api, mengenai kecepatan, jumlah penumpang mengenai wanita dikhususkan atau tidak," ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Baca juga: Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla Jajal MRT

"Jam berapa sampai jam berapa beroperasinya. Saya pikir itu adalah pertanyaan yang memang harus disampaikan ke masyarakat," sambungnya.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu mengungkapkan, nantinya gerbong khusus wanita akan ada di gerbong 3 dan 4 MRT Jakarta.

Namun demikian, penyediaan gerbong khusus wanita tersebut berlaku saat jam-jam sibuk. Dengan begitu, penumpang wanita tetap bisa merasa nyaman.

Baca juga: Catatan Uji Coba MRT dari Penyandang Disabilitas..

"Gerbong khusus ada dua gerbong di 3 dan 4 untuk wanita dan anak-anak, berlaku pada jam sibuk. Saya pikir kalau desak-desakan kan bahaya," kata Menhub.

Sejak tanggal 12 Maret 2019 lalu telah dibuka uji coba untuk masyarkat. MRT Jakarta akan diresmikan pada 24 Maret 2019 dan pada 1 April 2019 akan resmi beroperasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X