Fitch Patok Predikat Investment Grade RI, Kemenkeu Nilai Bukti Ekonomi Stabil

Kompas.com - 18/03/2019, 19:38 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi THINKSTOCKSIlustrasi pertumbuhan ekonomi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat utang Fitch mengumumkan peringkat utang Indonesia tetap berada di posisi BBB dengan outlook stable pada 14 Maret 2019. Ini sekaligus menempatkan RI tetap berpredikat investment grade.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyampaikan, dalam laporannya Fitch menyatakan bahwa tingkat beban utang Indonesia yang rendah dan pertumbuhan ekonomi yang baik menjadi faktor pendorong tercapainya peringkat utang tersebut.

"Beban utang Indonesia dibandingkan negara peers dinilai lebih aman dan sektor keuangan domestik dinilai berada dalam kondisi sehat," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Nufransa Wira Sakti dalam siaran pers, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Selain itu, kata dia, Fitch menyatakan Indonesia mempunyai potensi positif dari pengalihan tujuan investasi seiring kondisi perekonomian global dan kebijakan moneter Amerika Serikat.

Dari sisi fiskal, Indonesia dinilai menjalankan kebijakan yang baik dan tepat sehingga fiskal Indonesia sehat. Hal ini kata Nufransa ditandai dengan penurunan defisit APBN dari 2,51persen pada 2017 menjadi 1,76 persen pada 2018.

"Langkah Fitch mempertahankan peringkat utang Indonesia di posisi BBB dengan outlook stable tersebut menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia tetap stabil di tengah pelemahan ekonomi global," kata Nufransa.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X