Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara agar Atasan Lebih Terkesan dengan Anda

Kompas.com - 19/03/2019, 08:36 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesuksesan di tempat kerja bergantung dengan bagaimana Anda berkomunikasi. Komunikasi sangat penting terutama dalam hal interaksi dengan atasan Anda.

Jika Anda ingin membuat kesan pertama yang luar biasa dan mendapatkan promosi dengan cepat, mulai lah untuk mengomunikasikan hal berikut mulai hari pertama Anda bekerja.

1. "Inilah yang sedang saya kerjakan"

Anda bekerja di sebuah perusahaan untuk menjalankan tugas, jadi lakukan lah pekerjaan Anda dengan baik. Mengetahui dengan tepat apa tanggung jawab Anda akan membantu pekerjaan menjadi lebih efisien, efektif, dan kompeten.

Kemudian, luangkan waktu untuk mempelajari berbagai aspek bisnis terkait dengan tugas Anda. Dengan begitu, ketika ditanya bagaimana keadaannya, Anda akan dapat memberikan jawaban yang tidak hanya menunjukkan seberapa baik Anda mengetahui prioritas Anda, tetapi Anda juga bisa belajar hal-hal baru.

Baca juga: Cerita Tiara, dari Karyawan Menjadi Bos Produk Kosmetik

2. "Saya ingin mengambil lebih banyak proyek"

Salah satu sifat yang dicari untuk kandidat karyawan oleh manajer di perusahaan milik miliarder Elon Musk, SpaceX, adalah keinginan untuk eksplorasi. Orang-orang yang ingin lebih banyak terlibat, termotivasi, dan inovatif.

Carilah peluang yang memungkinkan untuk Anda menjadi lebih berpengetahuan dan mempelajari keterampilan baru yang terkait dengan tugas Anda.

Atasan akan tahu bahwa Anda terbuka untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab, sehingga mereka akan segera memikirkan Anda ketika proyek baru muncul.

3. "Saya punya solusi"

Wawancara kerja di Google mencakup pertanyaan seperti, "Beri saya contoh saat Anda memecahkan masalah analitis yang sulit."

Bersiaplah untuk menghadapai berbagi masalah dan mencari solusinya. Solusi Anda mungkin tidak berhasil, tetapi bos Anda akan menghargai dan ingat bahwa Anda mempunyai kemauan untuk mencari solusi dari setiap masalah.

4. "Kamu bisa percaya padaku"

Satu satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet mencari tiga hal ketika merekrut orang: Kecerdasan, inisiatif, dan integritas.

Dalam pidatonya kepada mahasiswa di Universitas Georgia, dia berkata, "Jika mereka tidak memiliki yang terakhir, dua yang pertama akan membunuh Anda, karena jika Anda akan mendapatkan seseorang tanpa integritas, Anda ingin mereka malas dan bodoh,”.

Pemimpin perusahaan ingin Anda berkomunikasi dengan integritas mengenai semua aspek pekerjaan. Karyawan yang bekerja dengan integritas dapat dipercaya dan dihormati. Mereka adalah orang-orang yang ingin dipercayakan oleh manajer dengan lebih banyak tanggung jawab.

Baca juga: Merasa Dibenci oleh Atasan? Perhatikan Hal Ini

Berkomitmen pada keunggulan

Pikirkan tentang percakapan berikutnya yang mungkin Anda lakukan dengan bos Anda. Apakah Anda berada dalam posisi yang kompeten dan dapat dipercaya?

Jika jawabannya tidak, periksa apa yang Anda lakukan dan nilai bagaimana Anda bisa menyelaraskan upaya kerja Anda dengan pesan yang disampaikan karyawan yang sukses kepada atasan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com