Kompas.com - 19/03/2019, 17:24 WIB
Ilustrasi bank ShutterstockIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah bank di tanah air yang masuk katergori bank umum kelompok usaha (BUKU) IV bertambah. PT Bank Pan Indonesia Tbk (Kompas100: PNBN) alias Bank Panin telah resmi naik kelas meramaikan jajaran bank dengan modal inti minimal Rp 30 triliun.

Bank Panin resmi menjadi bank kategori BUKU IV setelah mendapatkan surat penetapan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada awal Maret 2019.

"Bank Panin sudah efektif menjadi BUKU IV sejak 1 Maret 2019." ungkap Jasman Ginting, Sekretaris Perusahaan Bank Panin pada Kontan.co.id, Selasa (19/3/2019).

Baca juga: Genjot Dana Murah, Bank Panin Kembali Gelar Program Berhadiah

Jasman mengatakan, Bank Panin belum memiliki rencana anyar terkait dengan kenaikan kelas tersebut. Hanya yang pasti Bank Panin akan memanfaatkan peluang apapun yang dimiliki oleh perbankan BUKU IV.

Adapun rencana bisnis tahun ini, Bank Panin menargetkan pertumbuhan di kisaran 8 persen. Target tersebut setara dengan realisasi kredit perseroan akhir tahun lalu yang tumbuh 8,06 persen secara year on year (yoy) menjadi Rp 151,56 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun ini, Bank Panin masih akan fokus pada segmen komersial sebagai ujung tombak pembiayaan. Dalam portofolio bank ini tahun lalu, sebanyak 45 persen memang ada di sektor komersial.

Baca juga: ANZ Bakal Hengkang dari Bank Panin, ini Kata Manajemen

Untuk investasi, Jasman menambahkan pihaknya akan terus melakukan pengembangan di sektor IT.

Dengan naik kelasnya Bank Panin, maka jumlah bank BUKU IV saat ini sudah ada enam bank. Sebelumnya sudah ada lima bank yang berjejer di kelas ini yakni Bank BRI, Mandiri, BCA, BNI dan CIMB Niaga. (Dina Mirayanti Hutauruk)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bank Panin resmi naik kelas menjadi bank BUKU IV

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.