Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Bangun 1.000 Penerangan Jalan Tenaga Surya di Kabupaten Bogor

Kompas.com - 20/03/2019, 14:11 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Setelah meresmikan 900 unit PJU-TS atau Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya hari ini, Rabu (20/3/2019), pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali merencanakan 1.000 unit PJU-TS di Kabupaten Bogor tahun ini.

Awalnya, pemerintah menganggarkan 600 PJU-TS untuk dipasangkan di Kabupaten Bogor. Namun, Menteri ESDM Ignasius Jonan akan menambahkan 400 unit menjadi 1.000 unit tahun 2019.

"Mengenai Kabupaten Bogor, tahun ini akan dibangun tambahan 600 unit lagi. Tapi tadi Pemda minta 2.000. Ya sudah kita kita ambil jalan tengah menjadi 1.000 tahun ini. Jadi saya tambah 400 unit. Mohon titiknya disesuaikan untuk rakyat," kata Jonan di Bogor.

Baca juga: Pemerintah Pasang Lampu Tenaga Surya Terangi Jalan Sepanjang 1.500 Km

Penambahan itu dilakukan karena permintaan Pemda Kabupaten Bogor berhubung masih banyak jalan yang membutuhkan penerangan.

Menurut Jonan, tahun lalu anggaran PJU-TS Jawa Barat mendapat 2.290 dari 21.839 titik dan Kabupaten Bogor mendapat 900 titik. Tahun ini rencananya ada peningkatan titik di area Jawa Barat.

"Tahun ini Jawa Barat kami anggarkan sekitar 2.400 sehingga ada kenaikan 2 persen dari tahun kemarin menjadi 12 persen. Ditambah ada tambahan lagi 400 unit," sebut Jonan.

Baca juga: 900 Lampu Jalan Bertenaga Surya Diresmikan di Bogor

Nantinya, penganggaran 400 unit tambahan PJU-TS akan dianggarkan di dalam APBN sehingga tahun ini dapat segera diselesaikan. Penganggaran ini tidak harus menunggu perubahan APBN, melainkan bisa memanfaatkan barang sisa pelelangan PJU-TS.

"Yang sudah dianggarkan 600, tapi Pak Menteri minta ditambah jadi 1000, sisanya nanti kita programkan ulang lagi. Total anggaran Rp 300 miliar. Satu PJU-TS bisa mencapai Rp 18 juta," ungkap Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBTKE) Kementerian ESDM Harris.

PJU-TS yang telah dibangun nantinya akan dikelola dan dipelihara oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com