Kompas.com - 21/03/2019, 13:41 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/1/2019). Kompas.com/Mutia FauziaMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve memutuskan menghentikan kebijakan pengetatan moneternya. The Fed menyatakan tidak akan menaikkan suku bunga acuannya sepanjang tahun ini serta menghentikan pengurangan neraca pada September mendatang.

Menanggapi keputusan The Fed tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution tak terkejut.

“Ya, iya lah, (The Fed) tidak akan menaikkan karena kan ekonominya (Amerika Serikat) enggak bagus-bagus amat. Jangan takut,” kata Darmin, Kamis (21/3/2019).

The Fed memang menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi AS menjadi 2,1 persen pada tahun ini, turun 1 persen dari sekitar 3 persen pertumbuhan tahun lalu.

Baca juga: Bank Sentral AS Tak Akan Naikkan Suku Bunga Acuan Tahun Ini

Selain perlambatan pertumbuhan, tingkat pengangguran diperkirakan 3,7 persen, sedikit lebih tinggi ketimbang prediksi tiga bulan lalu. Sementara, The Fed memperkirakan, tingkat inflasi tahun ini berada di level 1,8 persen, turun jika dibandingkan dengan prediksi Desember lalu pada level 1,9 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun, Darmin tetap optimistis situasi perekonomian Indonesia aman terkendali. Ia juga menyiratkan agar Bank Indonesia tidak perlu lagi menaikkan suku bunga acuan pasca keputusan dovish The Fed dini hari tadi.

“Kita bagus-bagus saja, tidak ada gejolak. Kita arahnya, ya, tidak usah menaikkan juga lah,” tandasnya singkat.

Bank Indonesia dijadwalkan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret pada siang ini. Konsensus dari para ekonom memproyeksi tidak akan ada kenaikan suku bunga acuan untuk bulan ini alias tetap berada pada level 6 persen. (Grace Olivia)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Menko Darmin tak kaget The Fed tidak naikkan suku bunga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.