Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rute Penerbangan Domestik dengan Layanan Wifi Gratis di Pesawat

Kompas.com - 21/03/2019, 17:32 WIB
Yoga Sukmana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisa mengakses internet meski sedang berada di pesawat yang ada ketinggian puluhan ribu kaki dari permukaan laut tentu mengasikan.

Sejumlah maskapai bintang lima seperti Singapore Airlines dan Emirates sudah menyediakan layanan wifi gratis di berbagai rute penerbangan internasionalnya.

Bagaimana di Indonesia?

Sejak Januari 2019 lalu, Citilink Indonesia sudah memberikan layanan wifi gratis di pesawat. Namun, rute-rutenya masih sedikit karena baru satu pesawat yang dipasang teknologi inflight connectivity tersebut.

Baca juga: Layanan Wifi Gratis di Pesawat, Amankah untuk Penerbangan?

"Citilink adalah maskapai LCC yang pertama yang menawarkan konektivitas secara gratis di Asia Pacific," ujar Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Juliandra mengatakan, satu pesawat dengan layanan wifi gratis tersebut terbang untuk rute domestik. Rute tersebut yakni Jakarta-Denpasar, Jakarta-Medan, Jakarta-Balikpapan dan Jakarta-Batam.

Berdasarkan data Citilink, hampir 85 penumpang mencoba layanan wifi tersebut. Kata Juliandra, tingkat kegagalan koneksinya hanya di bawah 5 persen.

Baca juga: Citilink Tanamkan Wifi On Board di Pesawat, Ini Informasinya...

Pada April 2019, Citilink akan memasang teknologi yang sama di pesawat kedua. Nantinya ucap dia, pesawat tersebut akan melayani penerbangan golden route atau rute yang favorit.

"Pesawat kedua akan kami pasang dan akan kami rotasikan ke rute-rute Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar," kata dia.

Pada 2019, Citilink menargetkan memasang teknologi wifi di 8 pesawat. Dengan begitu, hingga akhir 2019, para penumpang bisa menikmati layanan internet di 9 pesawat.

Baca juga: Bidik Milenial, Start-up Mahata Group dan Tiket.com Sediakan Wifi di Pesawat

Sementara itu dalam dua tahun ke depan, Citilink Indonesia menargetkan 50 pesawatnya jenis A320 terpasang teknologi inflight connectivity.

Dengan begitu, maka akan kian banyak rute-rute penerbangan yang memiliki layanan Wi-Fi gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com