Ini Rute Penerbangan Domestik dengan Layanan Wifi Gratis di Pesawat

Kompas.com - 21/03/2019, 17:32 WIB
Ilustrasi wifi di bandara Manuel-F-OIlustrasi wifi di bandara

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisa mengakses internet meski sedang berada di pesawat yang ada ketinggian puluhan ribu kaki dari permukaan laut tentu mengasikan.

Sejumlah maskapai bintang lima seperti Singapore Airlines dan Emirates sudah menyediakan layanan wifi gratis di berbagai rute penerbangan internasionalnya.

Bagaimana di Indonesia?

Sejak Januari 2019 lalu, Citilink Indonesia sudah memberikan layanan wifi gratis di pesawat. Namun, rute-rutenya masih sedikit karena baru satu pesawat yang dipasang teknologi inflight connectivity tersebut.

Baca juga: Layanan Wifi Gratis di Pesawat, Amankah untuk Penerbangan?

"Citilink adalah maskapai LCC yang pertama yang menawarkan konektivitas secara gratis di Asia Pacific," ujar Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Juliandra mengatakan, satu pesawat dengan layanan wifi gratis tersebut terbang untuk rute domestik. Rute tersebut yakni Jakarta-Denpasar, Jakarta-Medan, Jakarta-Balikpapan dan Jakarta-Batam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data Citilink, hampir 85 penumpang mencoba layanan wifi tersebut. Kata Juliandra, tingkat kegagalan koneksinya hanya di bawah 5 persen.

Baca juga: Citilink Tanamkan Wifi On Board di Pesawat, Ini Informasinya...

Pada April 2019, Citilink akan memasang teknologi yang sama di pesawat kedua. Nantinya ucap dia, pesawat tersebut akan melayani penerbangan golden route atau rute yang favorit.

"Pesawat kedua akan kami pasang dan akan kami rotasikan ke rute-rute Yogyakarta, Solo, Surabaya dan Makassar," kata dia.

Pada 2019, Citilink menargetkan memasang teknologi wifi di 8 pesawat. Dengan begitu, hingga akhir 2019, para penumpang bisa menikmati layanan internet di 9 pesawat.

Baca juga: Bidik Milenial, Start-up Mahata Group dan Tiket.com Sediakan Wifi di Pesawat

Sementara itu dalam dua tahun ke depan, Citilink Indonesia menargetkan 50 pesawatnya jenis A320 terpasang teknologi inflight connectivity.

Dengan begitu, maka akan kian banyak rute-rute penerbangan yang memiliki layanan Wi-Fi gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.