KNKT Akan Umumkan Hasil Investigasi Lion Air JT610 pada Agustus 2019

Kompas.com - 21/03/2019, 19:15 WIB
 Pesawat Jenis B 737-8 MAX Milik Lion Air Diparkir di Bandara Ngurah Rai Dok. Angkasa Pura I Pesawat Jenis B 737-8 MAX Milik Lion Air Diparkir di Bandara Ngurah Rai

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Nasional Keselmatan Transportasi (KNKT) mengatakan akan mengumumkan hasil investigasi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada Agustus 2019.

Saat ini KNKT masih mengumpulkan data-data penunjang sebelum mengumumkan hasil investigasi kecelakaan yang merenggut 189 nyawa itu.

“Saat ini bisa dikatakan kita hampir mengumpulkan 90 persen data yang kita perlukan,” ujar Kepala Sub Komite Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo di kantornya, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Baca juga: KNKT: Ada Pilot Ketiga di Pesawat Lion Air JT 043

Nurcahyo menambahkan, pada pekan lalu pihaknya telah mengumpulkan tim investigasi kecelakaan ini. Pertemuan itu untuk membahas arah investigasi kecelakaan tersebut.

“Tim sudah bagi tugas, siapa mengumpulkan data apa. Dari sini kita susun, setelah kita tulis itu jadi draft laporan,” kata Nurcahyo.

Setelah draft hasil investigasi rampung, KNKT akan mengirimkannya ke pihak-pihak terkait, yakni Kementerian Perhubungan, Boeing, dan Lion Air. Pengiriman draft itu dilakukan untuk mengetahui tanggapan dari masing-masing pihak terkait hasil investigasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Gugat Boeing dan FAA, Upaya Keluarga Korban Lion Air JT 610 Cari Keadilan

“Masa pemberian tanggapan ini dua bulan. Harapannya akhir Juni sudah selesai draft, dan Agustus kita bisa kita publikasikan,” ucap dia.

Sebelumnya, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi.

Pesawat itu membawa 181 penumpang dan 8 awak. Semua penumpang dan awak diduga tewas dalam kecelakaan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.