Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Perancis Bangun Pabrik Daur Ulang Plastik Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 22/03/2019, 08:00 WIB
Andi Hartik,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - PT Veolia Services Indonesia (Veolia Indonesia) membangun pabrik di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (21/3/2019).

Pabrik itu akan mendaur dan memproses ulang botol plastik atau PET (Polyethylene terephthalate) menjadi botol baru. Pabrik ini diklaim akan menjadi pabrik daur ulang terbesar di Indonesia.

"Veolia Indonesia berkomitmen untuk mendukung agenda pemerintah dalam mengatasi permasalahan plastik," kata Presiden Direktur Veolia Indonesia, Sven Beraud Sudreau melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Daur Ulang Dipandang Solusi Tepat Atasi Limbah Plastik

"Oleh karena itu kami telah memutuskan untuk membangun pabrik daur ulang plastik PET di Indonesia. Untuk mengamankan bahan baku dalam operasi kami, kami akan bekerja dengan aktor pengumpulan sampah plastik di beberapa kota di Indonesia dan diharapkan untuk mengembangkan model pengumpulan inklusif yang dapat memberdayakan sektor informal," jelasnya.

Pabrik daur ulang plastik itu akan dibangun di atas lahan seluas 22.000 meter persegi dengan luas bangunan 7.000 meter persegi.

Pabrik itu ditargetkan beroperasi pada tahun 2020. Pabrik tersebut diperkirakan mampu memproduksi sebanyak 25.000 ton PET daur ulang per tahun.

Perusahaan asal Prancis itu akan menyerap 80 pekerja lokal disertai dengan teknologi yang canggih. Mesin yang digunakan akan dapat memisahkan tutup dan label sekaligus dengan cepat.

Baca juga: IPR Sebut Sampah Kantong Plastik Bisa Didaur Ulang

Deputi Bidang Promosi dan Penanaman Modal pada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Farah Ratnadewi Indriani mengatakan, pemerintah berkomitmen meningkatkan investasi terutama di bidang pengolahan sampah.

"Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan iklim investasi yang baik khususnya kebijakan pengelolaan sampah yang telah menjadi agenda mendesak pemerintah," katanya.

Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA) Corine Tap mengatakan, perusahaannya menjadi salah satu perusahaan yang akan menggunakan hasil daur ulang dari pabrik Veolia Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com